PEMBENTUKAN CITRA PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) MELALUI REVITALISASI STASIUN KERETA API (Studi Kasus Revitalisasi Stasiun Besar Yogyakarta)

  • Doddy Wihardi Universitas Budi Luhur

Abstract

Citra positf perusahaan penting untuk dibangun agar masyarakat memberikan kepercayaan secara luas. PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai penyedia layanan angkutan darat berbasis rel merupakan pihak yang berwenang dalam penyelenggaraan angkutan kereta api. Saat ini, angkutan kereta api telah menjadi pilihan masyarakat dengan jumlah penumpang yang terus meningkat. Walaupun jumlah pengguna angkutan kereta api terus meningkat, bukan berarti tanpa masalah. Salah satu permasalahan yang penting untuk disoroti terkait dengan pelayanan dan fasilitas di stasiun kereta api. Apabila fasilitas dan pelayanan di stasiun kereta api masih di bawah standar, maka akan melahirkan citra buruk bagi perusahaan serta berimbas pada pilihan masyarakat dalam menggunakan moda transportasi. Untuk itu penelitian ini akan terfokus pada masalah pembentukan citra PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui revitalisasi stasiun kereta api, dengan pendekatan kasus pada revitalisasi stasiun besar Yogyakarta. Alasan pemilihan stasiun besar Yogyakarta karena stasiun tersebut terintegrasi dengan konsep pariwisata kota Yogyakarta, bernilai sejarah serta termasuk stasiun tersibuk di Pulau Jawa. Adapun kerangka berpikir yang digunakan berkaitan dengan teori citra, konsep public relation, pelayanan prima dan revitalisasi, dengan menggunakan metoda studi kasus. Melalui penelitian ini akan memberikan sumbangsih pemikiran baru berkaitan dengan arti pentingnya revialisasi stasiun kereta api yang akan berimplikasi kepada citra perusahaan. Kata kunci : humas, citra, PT Kereta Api Indonesia (Persero), revitalisasi, stasiun

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Argenti, Paul. A. (2010). Komunikasi Korporat. Jakarta : Salemba Humanika

Butterick, Keith. (2012). Pengantar Public Relations Teori Dan Praktik. PT.

RajaGrafindo Persada

Elhaitarumy. T. (1990). Service of Excellence ; Ujung Tombak Bank Marketing,

Bank dan Manajemen. Jakarta

K. Yin, Robert. (2004). Studi Kasus Desain Dan Metode. Jakarta : PT.

RajaGrafindo Persada

Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana

Prenada Media Grup

Mulyana, Deddy. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya

Moleong, Lexy. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitat Edisi Revisi. Bandung :

Remaja Rosda Karya

Ruslan, Rosady. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi

Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada

Soemirat, Soleh & Ardianto, Elvinaro. (2012). Dasar-dasar Public Relations.

Bandung : PT. Remaja Rosdakarya171

Sujadi, Akhmad. (2010). Pergulatan Transformasi Kebangkitan Si Ular Besi.

Depok : PT. Ilalang Sakti Komunikasi

Published
2021-04-09