PENGEMBANGAN MODEL KOMUNIKASI BISNIS MIKRO BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI INDONESIA Studi Kasus Pengembangan Model Komunikasi Bisnis Mikro Berbasis Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat

  • Ilham Gemiharto, S.Sos., M.Si. Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jatinangor
  • Hadi . Suprapto Arifin, Drs., M.Si Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jatinangor

Abstract

Usaha mikro di Indonesia merupakan kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia dan terbukti menjadi katup pengaman perekonomian nasional dalam masa krisis, serta menjadi dinamisator pertumbuhan ekonomi pasca krisis ekonomi tahun 1998 dan 2008. Melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat, usaha mikro menciptakan peluang kerja yang cukup besar, sehingga sangat membantu upaya mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Namun sebagian besar usaha mikro belum menerapkan model komunikasi bisnis yang benar sehingga sulit untuk meningkat menjadi usaha kecil atau menengah. Kesadaran akan perlunya mengembangkan usaha mikro berbasis pemberdayaan masyarakat yang menerapkan model komunikasi bisnis modern mulai muncul di beberapa daerah di Indonesia. Penelitian mengenai pengembangan model komunikasi bisnis mikro berbasis pemberdayaan masyarakat ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data deskriptif. Penelitian ini mencoba mendeskripsikan pengembangan model komunikasi bisnis mikro berbasis pemberdayaan masyarakat di Indonesia, dengan mengambil studi kasus pengembangan model komunikasi bisnis mikro berbasis pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pengembangan model komunikasi binis mikro berbasis pemberdayaan masyarakat melalui organisasi kemasyarakatan seperti majelis taklim, PKK, dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Salah satu penyebabnya adalah model komunikasi bisnis yang digunakan mengadopsi manajemen keuangan dan usaha modern. Kata kunci: model komunikasi, komunikasi bisnis, usaha mikro, pemberdayaan masyarakat, Kabupaten Garut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Denzin, Norman K. dan Guba, Egon. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial;

Pemikiran dan Penerapannya, Penyunting: Agus Salim. Yogyakarta: PT Tiara

Wacana.

Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Badan Pusat Statistik Propinsi Jawa Barat. 2015. Jawa Barat Dalam Angka 2015. Bandung:

BPS Jawa Barat.

BPMPD Propinsi Jawa Barat. 2016. Indikator Kinerja Pemberdayaan Masyarakat Desa di

Jawa Barat. Bandung: BPMPD Jawa Barat.

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Creswell, John W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five

Traditions. California: Thousand Oaks, SagePublications, Inc.

Denzin, Norman K. dan Guba, Egon. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial; Pemikiran

dan Penerapannya, Penyunting: Agus Salim. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Ife, Jim. 1995. Community Development Creating Community Alternatives, Vision, Analysis

and Practice. Sydney, Australia: Longman.

Kartasasmita, Ginanjar. 1995. Kebijaksaan dan Strategi Pengentasan Kemiskinan. Malang:

Universitas Brawijaya.

Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: P.T. Remaja Rosda Karya

Mulyana, Deddy. 2001 . Metodologi Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi

dan Ilmu Sosial lainnya. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin . 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ritzer, George. 2008. Sociological Theory. New York: McGraw-Hill.

Published
2021-04-09