PENGEMBANGAN TEKNIK ANALISA INTERAKSI SISTEM FLANDERS (FLANDERS INTERACTION ANALYSIS CATEGORIES) DALAM KEGIATAN CERAMAH AGAMA
Abstract
Penelitian bidang Ilmu Dakwah sangat perlu dikembangkan. Salah satunya dengan mengembangkan sistem analisis interaksi antara pendakwah dan mad’u dalam proses ceramah agama. Hal ini penting karena interaksi memiliki pengaruh timbal-balik atau saling mempengaruhi. Flanders Interaction Analysis Categories (FIAC) merupakan system yang cocok untuk analisis interaksi ceramah agama karena system tersebut digunakan untuk menganalisa interaksi dalam penelitian komunikasi maupun pendidikan. Jenis penelitian ini Deskriptif-kualitatif. Teknik analisanya adalah Teknik Analisis Taksonomi (TAT). Domain yang digunakan adalah Stimulus dan Respon, dengan Taksonominya Perilaku Dai yang mempengaruhi secara tidak langsung dan langsung (Domain Stimulus) kemudian Respon positif dan negatif. Hasil penelitian ini bahwa stimulus yang mempengaruhi secara tidak langsung yaitu:, membuka acara, menyapa yang punya hajat, dan menutup acara. Perilaku yang mempengaruhi secara langsung terdiri dari: Pemberian materi, menjelaskan, menegaskan kembali, menjawab pertanyaan sendiri, bercerita, mengambil implikasi cerita, menceritakan pengalaman pribadi, membacakan dan menerjemahkan serta menjelaskan maksud dan mengambil intisari serta kesimpulan dalil, memberi contoh, dan aplikasi. Sedangkan respon terdiri: Respon Positif: nyeletuk, tertawa, tersenyum, menjawab pertanyaan, menjawab salam, menjawab amin, dan melanjutkan penggalan kata. Respon negatifnya perilaku diam. Kata kunci : Flanders Interaction Analysis Categories (FIAC), Teknik Analisis Taksonomi (TAT), Stimulus, Respon, Domain.Downloads
References
Amidon, Edmund. Interaction Analysis : Recent Development. U.s Departement of Health,
Education and Welfare Office of Education.
Mohammad Ali, Mohammad Asrori. (2010). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta
Dididik). Jakarta : Penerbit PT Bumi Aksara
Flanders., Ned, A., (1962). Using Interaction Analysis in the Inservice Training of Teachers.
The Journal of Experimental Education Volume 30 No. 4 : Routledge Taylor & Francis
Group.
Walker, R., Adelman, C., (1975). Interaction Analysis in Informal Classrooms : A. ritical
Comment on The Flanders’ Sistem. Br. J. edrrc. Psychol.
Wang Donglan, Guo Meng, Yan Yanhua. (2009). Application of Flanders Interaction
Analysis System in Kindergarten Teaching. Lanzhou 730070 : Education School of
Northwest Normal University.
Wragg, E.C,. (2012). An introduction to classroom observation. London and Newyork :
Routledge Tylor and Francis Group.