PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN LAUT UKM KENJERAN SURABAYA BERBASIS MARKETING MIX SYARIAH
Abstract
Keunggulan pemasaran dapat dicapai dengan memperhatikan 7 (tujuh) variabel “Marketing Mix” yang terdiri dari Product, Price, Place (distibution), Promotion, People, Process, dan Physical Evidence. Mengingat 87,18% penduduk Indonesia memeluk agama Islam (Shaw, 2006) maka sangat relevan bila diterapkan model Marketing Mix Syariah. Melalui Marketing Mix Syariah seluruh proses, baik proses penciptaan, penawaran maupun perubahan nilai (value), tidak boleh bertentangan dengan akad dan prinsip muamalah yang Islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk olahan ikan laut UKM Kenjeran Surabaya tergantung dari hasil tangkapan nelayan baik secara kuantitas maupun kualitas. Penetapan harga sesuai dengan kesepakatan antara penjual-pembeli, dan tidak ada unsur riba. Distribusi pemasaran produk dipasarkan di daerah sekitar dan melayani pesanan. Promosi dilaksanakan melalui pameran ketika di kelurahan atau di lingkungan RT/RW menyelenggarakan hajatan. Layanan pemasaran sewajarnya, disertai salam, sapa, senyum, sopan, dan santun. Proses pemasaran secara konvensional belum memperhatikan kemasan produk yang menarik dan merek (brand) yang dapat dikenal masyarakat lebih luas. Bukti fisik pemasaran masih digunakan pencatatan sederhana dan seadanya. Kata kunci: UKM, Pemasaran Produk, Marketing Mix SyariahDownloads
References
Alma, B. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung: CV Alfabeta.
Biro Pusat Statistik Jawa Timur (2013). Trade Statitics.Tahun 2013, Kerja sama dengan
Kementerian UKM. BPS: Jakarta.
Firmansyah, M.A. (2010). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Putusan Pembelian
Konsumen Sepeda Motor Honda, Yamaha dan Suzuki di Surabaya. Merdeka Ekonomi
Surabaya.
Kertajaya, H dan Sula, M.S. (2006). Marketing Syariah. Bandung: Mizan.
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran jilid 1 dan 2 (Alih bahasa oleh Hendra Teguh
dkk).Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, K dan Keller (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta:
Erlangga.
Qardawi, Y. (1997). Norma dan Etika Ekonomi Islam. (Terjemah Zainal Arifinet.al). Jakarta:
Gema Insani.
Schiffman, L. & Kanuk L.,L. (2009). Consumer.Jakarta : PT. Indeks.
Shaw, E. (2006). Indonesian Religions: Over view of World Religions. Retrieved March 8,
Stanton, W. J. (2008). Fundamental of Marketing.Mc.Graw Hill Inc.
Sula, M.S. (2004). Asuransi Syariah (Life and General): Konsep dan Sistem Operasional.
Jakarta: Gema Insani Press.
Yazid, S. (2009). Pemasara Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Ekonisia.
Yuliawati, D. (2012). Analisis Strategi Pemasaran Pada UMKM Subsistem Agribisnis
Bandeng Presto di Kota Semarang. Tesis Tidak Dipublikasikan. Semarang: Program
Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.