KAJIAN NETNOGRAFI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK UNTUK KOMUNIKASI MENYUSUI
Abstract
Angka kematian ibu dan bayi merupakan salah satu indikator derajat kesehatan masyarakat dan penentu keberhasilan pembangunan masyarakat. Meskipun ASI menjadi penting dalam pembangunan, tingkat pemberian ASI di Indonesia masih di bawah target global. Salah satu penyebab rendahnya tingkat pemberian ASI adalah tidak memadainya dukungan yang diberikan pada ibu untuk menyusui bayinya dengan ASI. Pada era teknologi komunikasi berjejaring seperti sekarang ini, dukungan sosial telah berkembang dengan munculnya dukungan sosial online yang dipertukarkan melalui teknologi seperti Internet dan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi menyusui khususnya komunikasi dukungan menyusui dalam group Facebook terkait menyusui melalui pendekatan kualitatif menggunakan analisis netnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial yang muncul di group Facebook terkait menyusui lebih bersifat emosional. Dukungan emosional adalah dukungan yang paling banyak diberikan dalam group Facebook, sementara dukungan informasional menjadi tipe dukungan yang paling banyak diminta. Administrator group memegang peran signifikan dalam memoderasi pertukaran dukungan ini untuk memastikan kredibilitas informasi yang dibagikan antar anggota. Berdasarkan hasil temuan tersebut, diindikasikan bahwa media sosial dapat secara positif memfasilitasi dukungan sosial untuk ibu dalam menjalankan proses menyusuinya. Kata
kunci: netnography, social media, development communication, breastfeeding
Downloads
References
APJII. (2015). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Diperoleh dari 14
September 2015, dari https://www.apjii.or.id/content/read/39/27/PROFILPENGGUNA-INTERNET-INDONESIA-2014
boyd, danah m., & Ellison, N. B. (2007). Social Network Sites: Definition,
History, and Scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication,
(1), 210–230.
Bridges, N. (2016). The faces of breastfeeding support: Experiences of mothers
seeking breastfeeding support online. Breastfeeding Review: Professional
Publication Of The Nursing Mothers’ Association Of Australia, 24(1), 11–
Cadwell, K., Turner-Maffei, C., & O’Connor, B. (2006). Maternal and infant
assessment for breastfeeding and human lactation: A guide for the
practitioner. Sudbury: Jones & Bartlett Learning.
Chou, S. W., Hunt, M. Y., Beckjord, B. E., Moser, P. R., & Hesse, W. B. (2009).
Social Media Use in the United States: Implications for Health
Communication. J Med Internet Res, 11(4), e48.
Cutrona, C. E., & Russell, D. W. (1990). Type of social support and specific 247
stress: Toward a theory of optimal matching. Di dalam B. R. Sarason, I. G.
Sarason, & G. R. Pierce (Ed.), Social support: An interactional view (hlm
–366). Oxford: John Wiley & Sons.
Cutrona, C. E., & Suhr, J. A. (1992). Controllability of stressful events and
satisfaction with spouse support behaviors. Communication Research, 19(2),
–174.
Deetjen, U., & Powell, J. A. (2016). Informational and emotional elements in
online support groups: A Bayesian approach to large-scale content analysis.
Journal of the American Medical Informatics Association, 23(3), 508–513.
https://doi.org/10.1093/jamia/ocv190
Doty, J. L., & Dworkin, J. (2014). Online Social Support for Parents: A Critical
Review. Marriage & Family Review, 50(2), 174–198.
Duggan, M., Lenhart, A., Lampe, C., & Ellison, N. B. (2015). Parents and social
media: mothers are especially likely to give and receive support on social
media. Pew Research Center.
Ellison, N. B., Steinfield, C., & Lampe, C. (2007). The benefits of facebook
‘friends:’ Social capital and college students’ use of online social network
sites. Journal of Computer-Mediated Communication, 12(4), 1143–1168.
https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2007.00367.x
Gazali, E. (2014). Learning by clicking: An experiment with social media
democracy in Indonesia. International Communication Gazette, 76(4–5),
–439.
Jin, S. V., Phua, J., & Lee, K. M. (2015). Telling stories about breastfeeding
through Facebook: The impact of user-generated content (UGC) on probreastfeeding attitudes. Computers in Human Behavior, 46, 6–17.
Kementerian Kesehatan. (2015). Profil Kesehatan Indonesia 2014. Kementerian
Kesehatan Republik Indonesia (Vol. 51). Jakarta.
Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. (2011). Social
media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social
media. Business Horizons, 54(3), 241–251.
Kozinets, R. V. (2015). Netnography: Redefined (2 ed.). London: Sage.
Laksono, A. D., & Wulandari, R. D. (2011). Analisis Potensi Penyebaran
Informasi Kesehatan Melalui Jejaring Sosial (Studi Kasus Pada ‘Forum
Jejaring Peduli AIDS’). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 14(4 Okt).
Lim, M. (2013). Many clicks but little sticks: Social media activism in Indonesia.
Journal of Contemporary Asia, 43(4), 636–657.
Mo, P. K. H., Malik, S. H., & Coulson, N. S. (2009). Gender differences in
computer-mediated communication: A systematic literature review of online
health-related support groups. Patient Education and Counseling, 75(1), 16–
Moorhead, S. A., Hazlett, D. E., Harrison, L., Carroll, J. K., Irwin, A., & Hoving,
C. (2013). A new dimension of health care: systematic review of the uses,
benefits, and limitations of social media for health communication. Journal
of medical Internet research, 15(4), 1–22.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nugroho, Y., & Syarief, S. S. (2012). Beyond click-activism? New media and
political processes in contemporary Indonesia. Berlin: Friedrich-Ebert
Stiftung.
Oh, H. J., Lauckner, C., Boehmer, J., Fewins-Bliss, R., & Li, K. (2013). 248
Facebooking for health: An examination into the solicitation and effects of
health-related social support on social networking sites. Computers in
Human Behavior, 29(5), 2072–2080.
https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.04.017
Sentra Laktasi Indonesia. (2016). Buku Panduan Peserta Pelatihan Konseling
Menyusui Modul 40 Jam WHO/UNICEF. Jakarta: Sentra Laktasi Indonesia.
Shirky, C. (2010). The Political Power of Social Media. Foreign Affairs, 9(1), 1–
Statista. (2016). Number of monthly active Facebook users worldwide as of 1st
quarter 2016 (in millions). Diperoleh dari 27 Juni 2016, dari
http://www.statista.com/statistics/264810/number-of-monthly-activefacebook-users-worldwide/
Supradono, B., & Hanum, A. N. (2011). Peran Sosial Media Untuk Manajemen
Hubungan dengan Pelanggan Pada Layanan E-Commerce. Value Added|
Majalah Ekonomi dan Bisnis, 7(2).
Thackeray, R., Neiger, B. L., Hanson, C. L., & McKenzie, J. F. (2008). Enhancing
promotional strategies within social marketing programs: Use of Web 2.0
social media. Health Promotion Practice, 9(4), 338–343.
Thackeray, R., Neiger, B. L., & Keller, H. (2012). Integrating Social Media and
Social Marketing: A Four-Step Process. Health Promotion Practice, 13(2),
–168.
Uimonen, P. (2012). Social and Mobile Media in ICT4D. Di dalam R. S. Braskov
(Ed.), Social Media in Development Cooperation. Roskilde: Ørecomm -
Centre for Communication and Glocal Change.