PERAN MEDIA SOSIAL TWITTER DALAM MEMBENTUK GERAKAN SOSIAL #MELAWAN ASAP DI RIAU

  • Intan Mulyana
  • Nani Nurani Muksin

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kekuatan media baru yaitu media sosial Twitter yang mampu membentuk gerakan sosial, dalam hal ini adalah menyuarakan penderitaan masyarakat Riau terhadap kabut Asap yang terjadi secara terus menerus setiap tahunnya.Latar belakang dari penelitian ini adalah reaksi dari kabut asap di Riau yang menimbulkan rasa kekecewaan terhadap pemerintah dan bentuk dari rasa empati dengan terbentuknya #MelawanAsap Tujuan penelitian ini ingin mengetahui dan mendeskripsikan Twitter sebagai media sosial dalam menyuarakan penderitaan masyrakat Riau akibat bencana kabut asap di Riau dalam membentuk gerakan sosial #Melawanasap. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian Deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa #MelawanAsap merupakan salah satu saluran bagi masyarakat dalam menyampaikan kekecewaan dan menyuarakan penderitaan masyarakat terhadap kabut asap di Riau. Sehingga terjadinya tindak lanjut yang berawal dari gerakan #MelawanAsap. Hal ini menunjukkan bahwa Twitter berperan dan memiliki kekuatan besar dalam membentuk gerakan sosial.

Kata Kunci : Media Sosial, Twitter, Gerakan Sosial, #Melawan Asap

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Abugaza, Anwar. Social Media Politica Gerak Masa Tanpa Lembaga, PT. Tali

Writing & Publishing House, Jakarta,2013

Cangara, Hafied, Komunikasi Politik :Konsep, Teori, dan Strategis,PT. Raja

Grafindo persada, Jakarta,2011

Morissan, Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa, Prenada Media Group,

Jakarta, 2013.

Werner J.severin dan James W.Tankard, Jr, 2011. Teori Komunikasi sejarah,

metode, dan terapan di dalam media massa. Jakarta, Prenada media.

Husein Umar, Metode Riset Komunikasi Organisasi, Jakarta, PT.Gramedia

Pustaka Utama,2002

Pengantar Ilmu Komunikasi, Pusat pengembangan pendidikan Universitas

Riau, Pekanbaru, 2009270

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik,

dan Ilmu sosial LainnyaJakarta :Kencana Prenada Media Group.2014.

Mulyana, Deddy..Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Metodologi Penelitian

Kualitatif Paradikma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya,

Komunikasi PolitikBandung : PT Remaja Rosdakarya, 2013.

LittlejohnStephen W, &Karen A.Foss, Teori Komunikasi, Jakarta Selatan,

Salemba Humanika, 2009.

Kriyantono Rachmat, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta, Kencana, 2010

Jurnal

Ido Prijana Hadi, Pengguna Media Interaktif sebagai kenyataan Maya: Studi

Resepsi Khalayak Suarasurabaya.net Sebagai Media Interaktif, Jurnal

Komunikasi Volume 1,2011

Website

(http://m.liputan6.com/tekno/read/2197413/jumlah-pengguna-internet-indonesiacapai-881-juta /diakses pada tanggal 15 September 2015 pukul 23.13).

(https://parlezs.wordpress.com/2015/03/18/computer-mediated-communication-ak-a-cmc/ diakses pada tanggal 15 September 2015 pukul 1:06)

Published
2021-04-09