RISET OPINI PUBLIK DALAM INDUSTRI POLITIK DI INDONESIA: Kelembagaan, Publikasi, Peluang, dan Tantangan
Abstract
Keberadaan riset opini publik akan semakin populer seiring dengan penyelenggaraan pemilu langsung di Indonesia baik di tingkat nasional maupun lokal (daerah). Riset opini publik menjadi salah satu instrumen untuk membaca secara akurat aspirasi, harapan, kekecewaaan, dan dukungan publik dalam kontestasi politik. Riset opini publik juga bermanfaat untuk mengetahui aspirasi, evaluasi, dan kepuasan publik terkait berbagai macam isu politik yang berkembang di masyarakat. Hasil survei politik akan semakin dibutuhkan sebagai salah satu referensi bagi pemilih dan juga bagi kandidat yang akan, sedang, dan pasca mengikuti kontestasi pemilu. Kajian kritis ini fokus pada pembahasan tentang posisi lembaga survei politik sebagai korporasi industri baru di bidang politik yang meliputi eksistensi kelembagaan, profesionalisme publikasi, peluang, dan harapan dimasa kini dan mendatang. Hasil kajian menunjukkan bahwa lembaga riset politik seringkali menghadapi problem independensi dan dilema etis. Agar marwah lembaga dan hasil riset terjaga maka lembaga survei perlu memperjelas status sebagai lembaga survei untuk konsultasi dan tim pemenangan atau sebagai lembaga survei untuk suplai informasi publik. Peluang lembaga survei untuk menjadi kontrol pemilu publik sangat diperlukan keberadaannya bagi demokrasi dan pemilu di Indonesia. Guna meningkatkan fungsi kontrol atas peran lembaga survei, maka RISET OPINI PUBLIK DALAM INDUSTRI POLITIK DI INDONESIA: Kelembagaan, Publikasi, Peluang, dan Tantangan 1380 lembaga survei harus profesional, transparan, dan meningkatkan tanggungjawab kepada publik. Selain itu lembaga survei politik juga menguatkan peran asosiasi untuk mengawasi kualitas survei opini publik agar senantiasa patuh kepada kode etik yang telah disepakati bersama. Kata Kunci: Riset Opini Publik, Lembaga Survei Politik, Independensi, Etika, Pemilu Langsung, Daerah, IndonesiaDownloads
References
Ahmad, Nyarwi (2012) Elemen Elemen Kajian Komunikasi Politik dan Marketing Politik,
Yogyakarta: Pustaka Zaman
Anonimous (2009) Bagaimana merancang dan membuat survei opini publik, Jakarta: AROPI
Anonimous (2013) Komunikasi dan Pemilihan Umum 2014: Persiapan, Pelaksanaan, dan
Masa Depan, Prosiding seminar Besar Nasional Komunikasi yang diselenggarakan
oleh ISKI di Padang 26-27 November 2013
Firmanzah (2011) Mengelola Partai Politik, Komunikasi dan Positioning Ideologi Politik di
Era Demokrasi, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Jefrie Giovani (2013) Pemilu dan Peran Lembaga Survei
http://sinarharapan.co/kolom/podium/ read/150/pemilu-dan-peran-lembaga-survei
Oetomo, Muchtar (2017) ‘Bermain’ di Margin Error, Minta Rp 400 Juta, Sekali Survei Jelang
Pilkada Jatim 2018, Lembaga Survei Kebanjiran Order dalam Berita Media
Surabaya Pagi
http://www.surabayapagi.com/read/156641/2017/06/05/%E2%80%98Bermain%E2
%80%99_di_Margin_Error,_Minta_Rp_400_Juta_Sekali_Survei.html
Surokim, (2016), Lembaga survei politik akan menjadi oksigen bagi demokrasi Madura
dalam berita di Nusantaranews.com http://nusantaranews.co/lembaga-survei-politikakan-menjadi-oksigen-bagi-demokrasi-madura/
Surokim, (2017) Menjaga Marwah Lembaga Survei Politik dalam Laman Koran Tempo
indonesiana.tempo.co/read/ 108539/2017/02/27/login
Surokim, (2017), Ada survei sampelnya 20.000 responden sahih dalam Berita Jatim
http://beritajatim.com/politik_pemerintahan/299711/ada_survei_sampelnya_20.000_
responden,_sahih_atau....html
Hersubeno, Arief, (2017) Membaca Hasil Survei Pilgub DKI Putaran Kedua, Siapa Bermain
Survei?, dalam https://kumparan.com/hersubeno-arief/pilkada-dki-2017-membacahasil-survei-putaran-kedua-siapa-bermain-survei, diakses kamis, 20 April 2017