KEBIJAKAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Suatu Studi Tentang Pendidikan Tinggi Pada Akademi Angkatan Laut Surabaya)

  • Suhirwan Suhirwan Paban III/Elektronika Skomlek TNI Mabes TNI Cilangkap – Jakarta Timur, Indonesia

Abstract

Memperhatikan UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, bahwa Guru dan Dosen wajib memiliki kualifikasi akademik melalui Pendidikan Tinggi sesuai dengan jenjangnya. Kebijakan ini diperkuat oleh PP Nomor 37 tahun 2009 tentang Dosen, batas akhir para Dosen untuk memenuhi kualifikasi akademik Dosen sesuai jenjang adalah pada bulan Desember 2015, jika tidak maka Dosen akan dikenai sanksi.Hal ini menjadi masalah yang cukup berat sehingga akhirnya banyak Perguruan Tinggi meminjam Dosen dari luar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen di Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Surabaya, model implementasi kualifikasi akademik Dosen dan model rekrutmen Dosen di AAL Surabaya. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskritif,focus penelitian diarahkan pada implementasi kualifikasi akademi Dosen AAL dengan menggunakan teori Model Van Meter dan Van Horn sebagai konfirmasi teori. Teori ini digunakan sebagai rujukan untuk mengkonfirmasi pelaksanaan implementasi kebijakan kualifikasi akademik Dosen di AAL Surabaya, guna mencapai tujuan yang diharapkan tersebut. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis data secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teori Van Meter dan Van Horn (1975) sebagai konfirmasi teori belum seluruh variabelnya dapat mengimplementasikan kebijakan kualifikasi akademik Dosen di AAL Surabaya. Namun dapat ditemukan beberapa temuan, sebagai berikut: AAL Surabaya belum memiliki Standar Kualifikasi Akademi Dosen, masih banyak Dosen yang memiliki kualifikasi akademik tidak sesuai atau belum memenuhi persyaratan untuk menjadi Dosen, dimana sebagian besar Dosen masih memiliki kualifikasi akademik S1 yang seharusnya berkualifikasi akademik S2, terdapat juga ketidaksesuaian kualifikasi kompetensi Dosen. KebijakanAAL Surabaya mengenai Dosen adalah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada Dosen AALSurabaya untuk mengembangkan kualifikasi akademik melalui Pendidikan Tinggi Program Pascasarjana S2 di PTN/PTS. Berdasarkan hasil temuan, agar kebijakan kualifikasi akademik Dosen di AAL Surabaya berhasil, tidak hanya mampu mencapai apa yang menjadi tujuan dan sasaran yang telah ditentukan melainkan juga sebagai pedoman, maka implikasi kebijakan kualifikasi akademik Dosen AAL Surabaya dengan mengaplikasikan Sistem Informasi dan Komitmen Pemimpin sebagai variabel koreksi untuk teori Van Meter dan Van Horn (1975) sehingga menjadi 8 variabel. Kata Kunci: Kebijakan, Kualifikasi Akademik, Profesi Dasar, Kompetensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Said Zainal. 2002. Kebijakan Publik. Jakarta: Yayasan Pancur Sawah.

Agustino, Leo. 2008. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Sofyan. 2010. Implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Dalam

Peningkatan Kualifikasi Akademik Guru SD Melalui Pendidikan Tinggi Jarak Jauh di

Wilayah Kabupaten Belitung. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 11,

Nomor 1, Maret 2010, 35-43.

Arifin, Sofyan dan Agustini, Rosalita. 2010. Implementasi Kualifikasi Akademik Guru

Sekolah Dasar di Provinsi Kepulauan Bangka (Kajian Konseptual dan Pragmatis).

Makalah ini disampaikan pada Seminar Nasional FISIP-UT, 11 November 2010.

Aqib, Zainal. 2009. Standar Kualifikasi, kompetensi, sertifikasi, guru, kepala perguruan

tinggi, dan pengawas. Bandung: CV, Yrama Widya

Badan PPSDM Kesehatan. 2013. Standar Dosen Pendidikan Tinggi Vokasi Tenaga

Kesehatan. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan.

Burhan Bungin. 2001. Metodologi Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif dan

Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Burhan Bungin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Creswell, John W. (2014) Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Davis, G.B. 1991. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1. Jakarta: PT

Pustaka Binamas Pressindo.

Disdikal. 2013. Informasi Program Pendidikan TNI AL Tahun Anggaran 2013. Jakarta.

Disdikal.

Disdikal. 2014. Informasi Program Pendidikan TNI AL Tahun Anggaran 2014. Jakarta.

Disdikal.

Dirjen Dikti. 2010. Dirjen Dikti Nomor 244/D/O/2010 tentang Ijin Operasional Program

Studi AAL.

Dirjen Dikti. 2010/2011. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Indonesian Qualification

Framework): Kajian tentang Implikasi dan Strategi Implementasi KKNI. Jakarta: Dikti.

Dirjen Dikti. 2014. Surat Edaran Dirjen Dikti No 887/E.E3/MI/2014 perihal Penjelasan

Linieritas Ilmu.

Dirjen Dikti. 2014. Surat Edaran Dirjen Dikti No 696/E.E3/MI/2014 perihal Linearitas

Bidang Ilmu Bagi Dosen.

Dirjen Dikti. 2014. Pengolahan Data Sekunder BAN PT 2013-2014. Kualifikasi Akademik

Dosen Tetap Dan Dosen Tidak Tetap Di Indonesia. Website:

http://forlap.dikti.go.id/Dosen/homerekapserdos. Diunduh pada hari Rabu tanggal 09

September 2015 pkl 16.00.

Dirjen Dikti. 2015. Surat Edaran Nomor 4798/E.E2.3/KL/2015 tanggal 23 juni 2015 perihal

Jumlah Minimal Dosen Di Program Studi Dan Sanksi.

Dirjen Dikti. 2015. Pangkalan Data Dikti 2015: Rekap Data Dosen Berdasarkan Sertifikasi

Dosen (Dosen Tetap*).

Dunn, William N. 2000. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada

University Press.

Edwards III, George C. 1980. Implementing Public Policy. Washington, D.C: Congressional

Quarterly Press.

Ekowati, Lilik. 2005. Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi atau Program.

Grindle, Merilee S. (1980). Politics and Policy Implementation in the Third World. New

Jersey: Princeton University Press.

Gubernur AAL. 2012. Skep Gubernur AAL Nomor Skep: Kep/54/VII/2012 Tentang

Pengangkatan Tenaga Pendidik Organik dan Non Organik Akademi TNI Angkatan laut

Semester Ganjil TA 2012/2013. Surabaya: AAL.

Gubernur AAL. 2013. Skep Gubernur AAL Nomor Skep: Kep/07/II/2013 Tentang

Pengangkatan Tenaga Pendidik Organik dan Non Organik Akademi TNI Angkatan laut

Semester Genap TA 2013. Surabaya: AAL.

Gubernur AAL. 2013. Skep Gubernur AAL Nomor Skep: Kep/49/VIII/2013 Tentang

Pengangkatan Tenaga Pendidik Organik dan Non Organik Akademi TNI Angkatan laut

Semester Ganjil TA 2013/2014. Surabaya: AAL.

Gubernur AAL. 2014. Skep Gubernur AAL Nomor Skep: Kep/04/I/2014 Tentang

Pengangkatan Tenaga Pendidik Organik dan Non Organik Akademi TNI Angkatan laut

Semester Genap TA 2014. Surabaya: AAL.

Gubernur AAL. 2015. Skep Gubernur AAL Nomor Skep: Kep/1145/VII/2015 Tentang

Pengangkatan Tenaga Pendidik Organik dan Non Organik Akademi TNI Angkatan laut

Semester Ganjil TA 2015/2016. Surabaya: AAL.

Gubernur AAL. 2016. Skep Gubernur AAL Nomor Skep: Kep/5/1/2016 Tentang

Pengangkatan Tenaga Pendidik Organik dan Non Organik Akademi TNI Angkatan laut

Semester Genap TA 2016. Surabaya: AAL.

Indrajit, Ricardo Eko. 1987. Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Jakarta: Gramedia.

Hartono, Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi

Offset

Kasal. 2010. Peraturan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor: Perkasal/85/XII/2010 tentang

Petunjuk Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Kadet Akademi TNI Angkatan Laut.

Jakarta: Mabesal.

Kasal. 2012. Peraturan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor: Perkasal/ 17/IV/2012: Buku

Petunjuk Teknis Pola dan Struktur Pendidikan Prajurit TNI Angkatan Laut (PUM6.04.001), Jakarta: Mabesal.

Kasal. 2015. Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor: Kep/729/IV/2015 tanggal 29

April 2015 tentang Buku Petunjuk Teknis Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional

Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi di Lingkungan TNI Angkatan, Jakarta: Mabesal.

Kasal. 2015. Perubahan I Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor: Kep/729.a/IV/2015

tanggal 29 April 2015 tentang Buku Petunjuk Teknis Penerapan Kerangka Kualifikasi

Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi di Lingkungan TNI Angkatan, Jakarta:

Mabesal.

Kopertis Wilayah XII. 2014. Daftar 21 Perguruan Tinggi Peraih Akreditasi Institusi “A” Per

/12/2014. Website: http://www.kopertis12.or.id/2015/01/17/ sthash.-ZGv0ZJEm.-

dpuf. Diunduh pada hari Rabu tanggal 05 Agustus 2015 pkl 15.00 Wib

Kopertis Wilayah XII. 2015. Daftar Universitas Terakreditasi Sampai dengan 15 Januari

Website: http://www.kopertis12.or.id/2015/01/17/daftar-21-perguruan-tinggiperaih-akreditasi-institusi-a-per-31122014.html#sthash. ZGv0ZYEm. dpvf. Diunduh

pada hari Rabu tanggal 05 Agustus 2015 pkl 15.00 Wib.

Mendikbud. 2012. Permendikbud Nomor 59 tahun 2012 tentang Badan Akreditasi Nasional

Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

Mendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 50 tahun 2014 tentang Sistem Penjamin Mutu

Pendidikan Tinggi.

Mendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional

Pendidikan Tinggi.

Mendiknas. 2000. Kepmendiknas nomor 234/U/2000 tentang Pedoman Pendirian Perguruan

Tinggi.

Mendiknas. 2004. Permendiknas Nomor 29 tahun 2004 tentang Badan Akreditasi Nasional

Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murdick, R.G, and Joel, J.E., Claggett, J.R. 1996. Sistem Informasi Untuk Manajemen

Modern. Edisi Ketiga. Diterjemahkan oleh: Djamil. Jakarta: Erlangga.

Nugroho, Riant. 2003. Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT

Elex Media Komputindo.

Parson, W. 1997. Publik Policy, An Introduction to the Theory and Practice of Policy

Analysis. U.K, Aldershot.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 tahun 2009 tentang Dosen. Yogyakarta:

Pustaka Mahardika.

Peraturan Presiden Nomor 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

(KKNI)

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2010 tentang Pendidikan Kedinasan.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan

Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.

Purwanto, Erwan Agus dan Sulistyastuti, Dyah Ratih. 2012. Implementasi Kebijakan Publik:

Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Yogyakarta: Gava Media.

Purwanto. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan Email: syelana@yahoo.com. Akreditasi dan Mutu

Pendidikan Tinggi (Accreditation and Quality Higher Education). Website:

http://sippendidikan.kemdikbud.go.id/bacaonline/rd/364. Diunduh tanggal 29 Juli 2015,

pkl 15.00 Wib.

Santoso, Urip. 2011. Linearitas Pendidikan dalam Jabatan Dosen. Website:

http://uripsantoso.wordpress.com/2011/11/24/linearitas-pendidikan-dalam-jabatanDosen, dikutip tanggal 14 Mei 2014. Pkl 12.30.

Sairin, Weinata, M.Th. 2015. Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka

Kualifikasi Nasional Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Sairin, Weinata, M.Th. 2015. Peraturan Mendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar

Nasional Pendidikan Tinggi. Bandung: Yrama Widya.

Sairin, Weinata, M.Th. 2015. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang

Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi. Bandung:

Yrama Widya.

Sairin, Weinata, M.Th. 2015. Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan

Tinggi. Bandung: Yrama Widya.

Sappaile, Baso Intang dan Rusmawati. (2007). Kualifikasi Akademik Guru Pendidikan Dasar.

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi khusus Agustus 2007.

Sofyan, Herminarto, Prof. Dr., dkk. Paradigma Baru Pendidikan Vokasi. Website:

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/prof-dr-herminarto-sofyanmpd/paradigma-baru-dan-guru-pendidikan-vokasi-rev1.pdf. Diunduh Tanggal 01 Juli

pkl. 12.45 Wib.

Sugiyono, Prof. Dr.. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Bambang, Profesor. 2014. UB Ajukan Akreditasi Ulang. SURYA Online, Malang

Rabu, 19 Februari 2014 15:46. Website: http://surabaya.tribunnews.com/

/02/19/ub-ajukan-akreditasi-ulang. Diunduh pada hari Kamis tanggal 15 Oktober

pkl 20.00 Wib

Sunarto. 2011. Analisis Kebijakan Pendidikan Kejuruan dan Pelatihan Berbasis Dunia

Usaha dan Dunia Industri di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogjakarta: PPs

UNY.

Thoha, Miftah. 2008. Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Surakarta: Pustaka Cakra.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Yogjakarta: Pustaka

Mahardika.

Wahab, Solichin Abdul. 2012. Analisa Kebijakan Publik: Dari Formulasi ke Penyusunan

Model-model Implementasi Kebijakan Publik, Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, Joko. 2012. Analisa Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis Proses

Kebijakan Publik, Malang: Bayumedia Publishing.

Winarno, Budi. 2008. Kebijakan Publik: Teori dan Proses. Jakarta: PT Buku Kita.

Yakob Tomatala, 2010, Seberapa Pentingnya Komitmen Dalam Kepemimpinan Website:

http://yakobtomatala.com/2010/02/28/seberapa-pentingnya-komitmen-dalamkepemimpinan/. Diunduh pada Hari Kamis Tanggal 28 Juli 2016 Pkl. 10.45 Wib.

Published
2021-04-09