Karakter Corporate Social Responsibility (CSR) Islami dalam Perspektif Komunikasi PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang
Abstract
Penelitian ini mengkaji Karakter Corporate Social Responsibility (CSR) Islami dalam Perspektif Komunikasi. Penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan Studi Kasus pada PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Kamojang. Tujuan penelitian untuk mengetahui kebijakan, implementasi, dan model karakter program CSR Islami di PT PGE Area Kamojang Garut. Untuk memperoleh data, peneliti melakukan wawancara mendalam/indepth interview dengan informan kunci: Pejabat Humas, Pengelola CSR, dan Stakeholder PT PGE Area Kamojang, lingkup internal (karyawan dan pimpinan) dan Eksternal (masyarakat sekitar, RT/RW, dan Kepala Desa), didukung dengan observasi dan referensi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Karakter CSR Islami dalam Perspektif Komunikasi sesuai dengan kebijakan pimpinan PT PGE. Aspek keagamaan menjadi prioritas utama program CSR. Implementasinya dilakukan dalam bidang-bidang sosial dan keagamaan, sarana dan prasarana, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan. Pelaksanaannya dilakukan secara formal (mengajukan proposal usaha mandiri) dan informal (urun rembuk atau musyawarah mufakat). Model Karakter CSR Islami yang dilakukan berbentuk kegiatan amal, kedermawanan, kemitraan, dan pembangunan masyarakat. Kata kunci: karakter, CSR Islami, dan komunikasiDownloads
References
Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Iriantara, Yosal. 2004. Community Relations; konsep dan aplikasinya. Bandung: Simbiosa
Rekatama Media.
Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: how our school can teach respect and
responsibility. New York: Bantam Books.
Muis, Andi Abdul. 2001. Komunikasi Islami. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Poerwanto, 2010. Corporate Social Responsibility; Menjinakkan gejolak sosial di era
‘pornografi’. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta:
Pusat Bahasa.
Rudito, Bambang., Arif Budimanta, dan Adi Prasetijo. 2004. Corporate Social
Responsibility: jawaban bagi model pembangunan Indonesia masa kini. Jakarta:
Indonesia Center for Sustainable Development (ICSD).
Sudewo, Eri. 2001. Pemasaran Berwawasan. Makalah. http://www.dompetdhuafa.or.id.
Yin, Robert K. 2013. Studi Kasus; desain & metode. Jakarta: RajaGrafindo Persada.