PEMBERDAYAAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN REPUTASI PERGURUAN TINGGI
Abstract
Reputasi selalu melekat pada sebuah lembaga atau organisasi yang telah lama berdiri, termasuk Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Dalam membangun reputasi yang positif, UMJ yang berusia 62 tahun, masih berupaya melakukan aktivitas komunikasinya lebih strategis melalui peran dan fungsi public relations. Melalui Biro Kerjasama dan Humas, UMJ melakukan penyebaran informasi kepada stakeholdernya untuk membangun reputasi yang baik. Namun, upaya ini terkendala oleh aspek teknis sekaligus strategis. Secara teknis, humas UMJ belum memiliki pemahaman filosofi terkait public relations. Banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh public relations sangat bersifat seremonial untuk kebutuhan pimpinan. Kendala lain yang dihadapi oleh public relations UMJ adalah pada aspek strategis dimana tidak adanya penguatan lembaga, kebijakan, dan SDM kehumasan. Secara kelembagaan, public relations atau humas tidak berada pada struktur organisasi yang mampu untuk mengelola dan membangun reputasi dengan baik. Kendala yang paling signifikan adalah belum adanya peran SDM kehumasan dalam memberdayakan lembaga Biro Kerjasama dan Humas UMJ untuk membangun reputasi positif. Minimnya jumlah SDM kehumasan sekaligus skill membangun komunikasi dua arah antara lembaga dengan publiknya, belum menempatkan posisi public relations di UMJ membangun reputasi poitif. Penelitian dilaksanakan di Biro Kerjasama dan Humas Universitas Muhammadiyah Jakarta. Sumber data diperoleh dari key informan yakni Pimpinan humas UMJ, alumni, serta pihak media. Kata kunci: Pemberdayaan, Manajemen Public Relations, Reputasi.Downloads
References
Cutlip, Scott M., Center, Allen H., & Broom, Glen M. 2009. Effective Public Relations: Edisi
Kesembilan. Jakarta: Kencana
Doorley, John & Gacia, Fred., 2011. Reputation Management, 2nd Edition: The Key
Successful Public Relations and Corporate Communication. NY: Routledge
Effendy, Uchjana Onong. 1999. Ilmu Komunikasi dalam Teori dan Praktek. Bandung:
Rosdakarya.
Fombrun, J. Charles. 1996. Reputation: Realizing Value from The Corporate Imag. NY:
Harvard Business
Miles, M. B.& Huberman, A.M., 1999. Analisis Data Kualitatif. Jakarta. UI Press.
Moleong, Lexy.J. 1994. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remadja Karya
Ruslan, Rosady, 1999. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi. Jakarta. PT. Raja
Grafindo Persada.
Sedarmayanti, 2003. Good Governance. Bandung. Mandar Maju
Widjaya, A.W, 1993. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara
Website:
http://ristekdikti.go.id/menuju-cetak-biru-kehumasan-perguruan-tinggi/