STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS NET TV
Abstract
Saat ini persaingan bisnis televisi sangatlah ketat. Bagaimana tidak pada tahun 2017 terdapat15 stasiun televisi swasta yang bersiaran secara Nasional. Ditengah ketatnya persaingan tersebut, hadirlah stasiun televisi baru yaitu Net TV yang mengusung tagline Televisi Masa Kini. Net TV membidik segmentasi dan target audience yang belum digarap oleh stasiun televisi lain yaitu segmentasi pasar A/B dan target audience para profesional, enterpreneur dan mahasiswa yang tinggal diperkotaan. Guna memenangkan persaingan yang ketat tersebut, Net TV menggunakan strategi Integrated Marketing Communication sebagai upaya untuk meningkatkan brand awareness. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini berupaya untuk mengetahui bagaimana strategi Integrated Marketing Communication yang digunakan Net TV dalam meningkatkan brand awareness. Secara teoritis, manfaat penelitian ini adalah untuk menambah referensi dalam penelitian Integrated Marketing Communication dibidang bisnis televisi. Sedangkan secara praktis, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai panduan dan acuan bagi praktisi media mengenai bagaimana meningkatkan brand awareness dalam industri media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai sebuah stasiun televisi yang masih tergolong baru, Net TV terus berupaya meningkatkan brand awareness-nya, untuk itu Net TV menggunakan Integrated Marketing Communication dari berbagai elemen komunikasi pemasaran yaitu Advertisements (placement iklan above the line dan below the line), Digital advertising di berbagai sosial media, digital campaign dengan promosi melalui buzzer atau digital influencer, Public Relations dan publikasi, Off-Air events dan media partership. Dengan mengimplementasikan strategi IMC, Net TV dapat meningkatkan brand awareness.
Kata Kunci: Integrated Marketing Communication, Strategi, Brand awareness, Net TV
Downloads
References
Denzin, Norman K dan Lincoln Yvonna S. 2009. Handbook Of Qualitatif research. 740
George E. Belch & Michael A. Belch. 2009. Advertising And Promotion: An Integrated
Marketing Communication Perspektif. 8th ed New York
Irawan, Edi, Rahmat. 2012. Disertasi, Unpad. Tidak dipublikasikan
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya
Offset, Bandung
Percy, larry, John R. Rositter. 2007. Advertising and Promotion Management. New York. Mc
Graw-Hill
Prisgunanto, Ilham. 2009. Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Galia Indonesia,
Bogor
Subiyantoro, A & Suwarto. 2007. Metode dan Teknik penelitian Sosial. Yogyakarta: CV.
ANDI Offset
Shimp, TA. 2010. Advertising, Promotion and Other Aspect Of Integrated Marketing
Communication, 8 th ed. South Western. Cencage: Learning
Sumber lain
www.kbriseoul.go.id
www.netmediatama.co.id