Kewenangan Pemerintah Daerah dalam Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Jalan Tol

  • Istriani Istriani Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sultoni Fikri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: authority, development, local government

Abstract

This study aims to identify and understand the mechanism of land acquisition for development in the public interest, and to analyze the form of local government authority in implementing land acquisition for toll road construction. This type of research is normative legal research using statutory and conceptual approaches. Development is one of the efforts to achieve general welfare. In a development, land is definitely needed, while land owned by the state is getting less and less, so land acquisition is necessary. The implementation of land acquisition cannot be carried out arbitrarily, and the implementation of land acquisition for the public interest must pay attention to the interests of development and the interests of the community. The results of this study show that the government is the executor of land acquisition, the mechanism of which consists of four stages, namely planning, preparation, implementation, and the delivery of results. Then, the government and regional governments have the authority to guarantee the availability of land and funding for land acquisition for the public interest and as the executor of land acquisition. The government and regional governments have an obligation to prioritize the welfare of their citizens because the principle of development in the public interest is aimed at increasing the welfare of all people. The regional government is obliged to ensure that the assessment of compensation in land acquisition is based on the principles of fairness, benefit, agreement and sustainability.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Georgeinia Voges, G. 2013. ‘KEWENANGAN PEMERINTAH DAERAH DI BIDANG PERTANAHAN DI ERA OTONOMI DAERAH’, Ex Administratum, 1.Vol.I/No.3/Jul-Sept/2013: 5–12

Herry, Musleh. 2011. ‘KEWENANGAN PEMERINTAH DAERAH DIBIDANG PERTANAHAN DI ERA OTONOMI DAERAH’, De Jure, Jurnal Syariah Dan Hukum, 3.1: 47–57

Iqbal, Muhamad. 2018. IMPLEMENTASI EFEKTIFITAS ASAS OPORTUNITAS DI INDONESIA DENGAN LANDASAN KEPENTINGAN UMUM, IX

Isnaeni, Diyan. 2020. ‘Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Jalan Tol Dalam Perspektif Hak Menguasai Negara’, Yurispruden, 3.1: 93–105

I.W, Widyarini. 2007. ‘KEWENANGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGADAAN TANAH BAGI PELAKSANAAN PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM’, Hukum Dan Dinamika Masyarakat, 4.2: 139–48

Kristian, Dikson, I Nyoman Suyatna, and Cokorda Dalem Dahana. 2014. ‘Kewenangan Pemerintah Daerah Dalam Pengadaan Tanah Bagi Pelaksanaan Pembangunan Untuk Kepentingan Umum’, HAN Universitas Udayana Bali, 2.1

Lestari, Putri. 2020. ‘Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Demi Kepentingan Umum Di Indonesia Berdasarkan Pancasila’, SIGn Jurnal Hukum, 1.2 (CV. Social Politic Genius (SIGn)): 71–86 <https://doi.org/10.37276/sjh.v1i2.54>

Marzuki, Mahmud. 2022. Penelitian Hukum, Edisi Revisi, ed. by Suwito (Jakarta: KENCANA)

Morangki, Albert. 2012. ‘TINJAUAN TERHADAP KEWENANGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENYELENGGARAAN URUSAN DI BIDANG PERTANAHAN’, 20.3

Mulyadi. 2017. ‘Asas Dan Prinsip Pengadaan Tanah Menurut Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Kepentingan Umum’, Jurnal Varia Hukum: 1186–95

Nyoman Diah Sri Prabandari, Luh, and I Wayan Arthanaya dan Luh Putu Suryani. 2021. ‘Pemberian Ganti Rugi Terhadap Pengadaan Tanah Oleh Pemerintah Untuk Kepentingan Umum’, Jurnal Analogi Hukum, 3.1: 1–5 <https://doi.org/10.22225/ah.3.1.2920.1-5>

Putu Cintya Meriasti, Ni, and Made Gde Subha Karma Resen. 2021. PERLINDUNGAN HUKUM PERBUATAN PELEPASAN HAK ATAS TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM, Jurnal Kertha Wicara, X

Setiady, Tri. 2014. Hubungan Kewenangan Pemerintah Pusat Dan Daerah Dalam Mengurus Bidang Pertanahan Dihubungkan Dengan Hukum Positif

Sri Hajati, Sri Winarsi, Agus Sekarmadji, and Oemar Moechthar. 2018. Buku Ajar Politik Hukum Pertanahan (Surabaya: Airlangga University Press)

Sudiyono, Hari. 2013. ‘Kepentingan Umum (Bonum Commune)’, Http://Harisudiyono1.Blogspot.Com/2013/01/Kepentingan-Umum-Bonum-Commune.Html

Suntoro, Agus. 2019a. ‘Penilaian Ganti Kerugian Dalam Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum: Perspektif HAM’, BHUMI: Jurnal Agraria Dan Pertanahan, 5.1 (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional): 13 <https://doi.org/10.31292/jb.v5i1.316>

———. 2019b. ‘Penilaian Ganti Kerugian Dalam Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum: Perspektif HAM’, BHUMI: Jurnal Agraria Dan Pertanahan, 5.1 (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional): 13–25 <https://doi.org/10.31292/jb.v5i1.316>

———. 2019c. ‘Tinjauan Hak Asasi Manusia Terhadap Regulasi Pengadaan Tanah Bagi Kepentingan Umum’, Jurnal HAM, 10.2 (Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM): 217 <https://doi.org/10.30641/ham.2019.10.217-232>

Sutepi, Adrian. 2020. Implementasi Prinsip Kepentingan Umum Di Dalam Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan, ed. by Tarmizi (Jakarta Timur: Sinar Grafika)

Syofyan Hadi. 2013. ‘FUNGSI REPRESENTATIVE DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH DALAM SISTEM OTONOMI’, DIH: Jurnal Ilmu Hukum, 9.17: 47–53

Wibowo, Agus, and Siti Mariyam. 2021. Kontekstualisasi Hukum Agraria Dibidang Pertanahan Setelah Otonomi Daerah Di Indonesia, Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia Program Studi Magister Ilmu Hukum, III

Wibowo, S. Nabila, Yani Pujiwati, and Betty Rubiati. 2021. ‘Kepastian Hukum Ganti Kerugian Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Jaln Tol’, 4.2 <https://doi.org/10.23920/acta.v4i2.480>

Yusrizal, Muhammad. 2017. PERLINDUNGAN HUKUM PEMEGANG HAK ATAS TANAH DALAM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM, II

Published
2023-08-31
Section
Articles