VIRTUALITAS TUBUH DALAM FILM HER (2013)

  • Arif Rochman Hakim
  • Suma Riella Rusdiarti

Abstract

Abstrak Artikel ini mengkaji film Her (2013) yang mengindikasikan ide tentang realitas virtual yang terbentuk melalui interaksi manusia dan artificial intelligence (AI). Her dikaji sebagai sebuah teks dengan menggunakan pendekatan sinema yang memperhatikan aspek naratif dan sinematografis (Boggs & Petrie, 2008). Konsep tentang imaji afeksi dalam sinema yang dicetuskan oleh Gilles Deleuze digunakan untuk membaca pembentukan dimensi virtual yang dihadirkan dalam film Her. Struktur teks dan strategi dalam Her menunjukkan bahwa perempuan dan AI merupakan pembentuk subjektivitas Theodore. Pengulangan teknik Over-the-Shoulder shot dalam Her menunjukkan humanisasi AI melalui penggunaan pola yang sama antara perempuan dan AI. Aspek sinematografis dan naratif kemudian mengarahkan pemahaman penonton terhadap konstruksi tubuh yang dimiliki oleh Samantha. Virtualitas Her merupakan sebuah kesadaran tentang konstruksi tubuh. Tokoh Ai maupun manusia dalam teks memiliki kesadaran bahwa tubuh adalah tubuh biologis yang memiliki fungsi seksual. Munculnya subjektivitas dalam kesadaran akan tubuh menciptakan kesadaran spasial AI dalam Her yang menunjukkan wacana pembagian ruang yang fragmentatif dalam kehidupan manusia. Kata kunci: deleuze; tubuh; sinema; virtualitas. Abstract This article studies the movie Her (2013) which indicate the idea of virtuality from interaction between human and artificial intelligence (AI). Her studied as text using cinema studies approach that looks at both narrative and cinematographic aspects of a film (Boggs & Petrie, 2008). Affect-Image concept postulated by Gilles Deleuze is used to read the aspect of virtual dimension which appears throughout Her. Text structure and the narrative strategies employed in Her reveal Theodore’s subjectivity is constructed by women and AI. The repetition of Over-the-Shoulder shot and the similarity between scene in human characters and AI characters is used to reveal humanization of AI. The Cinematographic and narrative aspect is articulated to reveal the body image of Samantha in viewer’s imagination. Virtuality dimension in Her shown in consciousness of body construction. Both human and AI have consciousness about biological function and sexual function. Consciousness of body creating spatial consciousness in AI mind and reveal spatial discourse about fragmentary space in human everyday life. Keywords: Deleuze, body; Cinema; virtuality

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boggs, J. & Petri, D. (2006) Art of watching films. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Certeau, M. (1988). The practice of everyday life (Steven Rendall, trans). Berkeley: University of California Press.

Cremin, C. (2016). Exploring Videogames with Deleuze and Guattari. London: Routledge.

Deleuze, G. (1991) Bergsonism (Hugh Tomlinson, trans). New York: Zone Books.

Deleuze, G. (1997a). Cinema 1: the movement-image (Hugh Tomlinson & Barbara Habberjam, trans). Minneapolis: University of Minnesota Press.

Deleuze, G. (1997b). Cinema 2: The time image (Hugh Tomlinson & Robert Galeta, trans). Minneapolis: University of Minnesota Press.

Deleuze, G. & Guattari, F. (2000). Anti Oedipus: Capitalism and Schizophrenia (Helen R. Lane, Robert Hurley, & Mark Seem, trans). Minneapolis: University of Minnesota.

Martin, A. & Freeland, S. (2020)’The Advent of Artificial Intelligence in Space Activities: New Legal Challenges’ dalam Space Policy. DOI:10.1016/j.spacpol.2020.101408.

Meiliana. S., Ulydar, T., & Minarti, T. (2013). ‘The 21st Century American High Technology in the Movie Script “Her” by Spike Jonze’ dalam Jurnal Ilmu dan Budaya, 1:8, hlm. 21-43. Jakarta: Universitas Nasional

Monggilo, Z. (2018). ‘Keintiman komunikasi manusia dan komputer dalam film Her’ dalam Jurnal Gama Societa, Vol. 2 No.1, Mei 2018, hlm. 73-85. Jogjakarta : Universitas Gajah Mada.

Zizek, S. (2004). Organ without bodies: Deleuze and consequence. London: Routledge.

Published
2022-01-27
How to Cite
1.
Hakim A, Rusdiarti S. VIRTUALITAS TUBUH DALAM FILM HER (2013). parafrase [Internet]. 27Jan.2022 [cited 24Apr.2024];21(2):134-45. Available from: https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/parafrase/article/view/5398