EKSPLORASI MAKNA DAN PENGGUNAAN ISTILAH PENGGEMAR K-POP DI TWITTER

  • Carina Niken
  • Niken Ayuni Meliana Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret
  • Bakdal Ginanjar Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret
Keywords: Semantik, Twitter, K-Pop, Makna Istilah

Abstract

Istilah  merupakan  kata  atau  frasa yang   digunakan   untuk   nama   atau   lambang yang mengungkapkan  makna  konsep,  proses,  keadaan, atau   sifat   yang   khas   dalam   suatu bidang   ilmu   pengetahuan, teknologi,  dan  seni. Istilah makna yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah makna dari istilah yang ada dalam cuitan penggemar K-Pop dalam media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna dan penggunaan istilah yang digunakan oleh penggemar K-Pop di media sosial Twitter. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya 13 istilah yang digunakan oleh penggemar K-Pop yang dibagi menjadi (1) Istilah berupa abreviasi, (2) Istilah berupa kata, dan (3) Istilah berupa frasa. Istilah-istilah yang digunakan oleh penggemar tersebut juga menjadi penanda identitas mereka, hal ini disebabkan karena istilah-istilah yang digunakan hanya dipahami konteksnya oleh sesame kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor.

Anindya, W. D., & Rondang, V. N. (2021). Bentuk Kata Ragam Bahasa Gaul di Kalangan Pengguna Media Sosial instagram. Prasasti, Journal of Linguistics (PJL), 6(1).

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Cenderamata, R. C. (2018). Abreviasi dalam Percakapan Sehari-Hari di Media Sosial: Suatu Kajian Morfologi. Metahumaniora, 8(2), 238. https://doi.org/10.24198/mh.v8i2.20699

Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Rineka Cipta.

Chansanam, W., Tuamsuk, K., Kwiecien, K., & Oh, S. G. (2022). Korean-popular Facebook fan page analytics in Thailand. International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE), 12(5), 5291. https://doi.org/10.11591/ijece.v12i5.pp5291-5303

Eliani, J., Yuniardi, M. S., & Masturah, A. N. (2018). Fanatisme dan perilaku agresif verbal di media sosial pada penggemar idola K-Pop. Psikohumaniora: Jurnal penelitian psikologi, 3(1), 59-72.

Fajrik, M., Sofyan, A., & Setyari, A. D. (2018). ISTILAH-ISTILAH KOMPONEN PERAHU DAN STRUKTUR PENGURUS NELAYANDI DESA KILENSARI KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO(KAJIAN ETIMOLOGI DAN SEMANTIK). Publikasi Budaya, 6(2).

Febriany, S. F., Santi, D. E., & Ananta, A. (2022). Agresi verbal di media sosial pada remaja penggemar K-Pop: Bagaimana peranan fanatisme?. INNER: Journal of Psychological Research, 1(4), 194-200.

Mangunsong, G., Pohan, S., & Perwirawati, E. (2022). NETNOGRAFI KOMUNIKASI PADA KOMUNITAS FANDOM ARMY INDONESIA. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 7(2), 38 - 50.

Oktaviana, M., Achmad, Z. A., Arviani, H., & Kusnarto, K. (2021). Budaya komunikasi virtual di Twitter dan Tiktok: Perluasan makna kata estetik. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5(2), 173-186.

Permana, D. (2010). Frasa Nominal dalam Bahasa Banjar Samarinda. Jurnal Eksis, 6(1), 1375–1379.

Praundrianagari, S. B., & Cahyono, H. (2021). Pola Konsumsi Mahasiswa K-popers yang Berhubungan dengan Gaya Hidup K-pop Mahasiswa Surabaya. INDEPENDENT: Journal of Economics, 1(2), 33-40.

Priantini, N. B. S., Suyanto, S., & Astuti, S. P. (2020). Makna istilah, ungkapan, dan peribahasa dalam seloko adat tunjuk ajar tegur sapo pada tradisi pernikahan masyarakat Jambi. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 15(2), 273-281.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rinata, A. R., & Dewi, S. I. (2019). Fanatisme Penggemar Kpop Dalam Bermedia Sosial Di Instagram. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 13-23.

Rosliana, L. (2015). Frasa Endosentris Pada Bahasa Jepang. Izumi, 4(1), 51. https://doi.org/10.14710/izumi.4.1.51-56

Sahrah, A. (2020). Studi Indigenous Dengan Metode Kualitatif. PT Gramasurya.

Tysara, L. (2021). Visual adalah Media yang Bisa Dilihat, Ketahui Macam-Macamnya. Liputan6. https://hot.liputan6.com/read/4668118/visual-adalah-media-yang-bisa-dilihat-ketahui-macam-macamnya

Wardani, E. P., & Kusuma, R. S. (2021). INTERAKSI PARASOSIAL PENGGEMAR K-POP DI MEDIA SOSIAL (Studi Kualitatif pada Fandom Army di Twitter). Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 7(2), 243-260.

Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial. Modul Pengantar Linguistik Umum, 1–19. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/BING4214-M1.pdf

Wulandari, R., Fawaid, F. N., Hieu, H. N., & Iswatiningsih, D. (2021). Penggunaan Bahasa Gaul pada Remaja Milenial di Media Sosial. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(1), 64-76.

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Sukabina Press. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/1830

Published
2023-06-08
How to Cite
1.
Niken C, Meliana N, Ginanjar B. EKSPLORASI MAKNA DAN PENGGUNAAN ISTILAH PENGGEMAR K-POP DI TWITTER. parafrase [Internet]. 8Jun.2023 [cited 4May2024];23(1):70-9. Available from: https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/parafrase/article/view/5952