ANALISIS REFERENSI PADA KARANGAN MAHASISWA DEPARTEMEN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA BERTEMA KULINER MADURA

  • Rahayu Galuh Candra Kirana Universitas Trunojoyo Madura
  • Afiifah Al Rosyiidah Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
Keywords: Karangan Mahasiswa, Kohesi Gramatikal, Referensi

Abstract

Penelitian ini membahas salah satu isu menarik dalam kohesi gramatikal yaitu referensi. Referensi merupakan alat kohesi gramatikal yang berkaitan dengan teks/wacana atau unsur bahasa yang saling merujuk dan berkaitan secara semantis. Referensi dapat membantu pembaca untuk memahami kalimat dalam teks. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis-jenis referensi pada karangan mahasiswa bertema kuliner Madura. Peneliti menjadi instrumen utama dalam mengoleksi dan menganalisis data. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui beberapa langkah yaitu membaca, mengidentifikasi, membuat catatan, dan megklasifikasi data. Peneliti menggunakan teori Halliday & Hasan (1976). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 379 referensi yang ditemukan pada karangan mahasiswa bertema kuliner Madura. Adapun jenis referensi paling dominan digunakan adalah persona sejumlah 299 (79%), kemudian diikuti jenis demonstratif sejumlah 65 (17%), dan jenis komparatif sejumlah 15 (4%). Di samping itu, masing-masing jenis referensi memiliki fungsi dalam penggunaannya yaitu referensi persona untuk menghindari pengulangan kata yang sama dan menghubungkan antara kata dengan objeknya, referensi demonstratif untuk menunjukkan skala kedekatan, dan referensi komparatif untuk membandingkan sesuatu atau situasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianto. (2017). Grammatical Cohesion in Students' Writing: A Case at Universitas Teknokrat Indonesia. Leksema, 2, 97-112.

Augie, S. S. (2019). Grammatical Cohesive Devices in Students' Explanation Texts (A Study of the Fourth Semester Students of English Department, Universitas Negeri Semarang Academic Year 2018/2019). Thesis, 63.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods (5th ed.). Boston, MA: Pearson.

Halliday, M. A., & Hasan, R. (1976). Cohesion in English. London and New York: Longman.

Hidayat, A. (2017). An Analysis of Grammatical Cohesive Device of the Short Story "The Little Match Girl" by Hans Christian Andersen 2016/2017. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 9 (2), 232-244. doi:https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v9i2.282

Hizbulloh, F., Putra, S. H., & Idayani, A. (2022). An Analysis of Grammatical Cohesion Found in Barack Obama's Speech. Jurnal Kependidikan DISCOVERY, 1, 23-29.

Latifah, A., & Triyono, S. (2020). Cohesion and Coherence of Discourse in the Short Story of "Layangan Putus" on Social Media Facebook. Indonesian Journal of EFL and Linguistics, 41-56.

Miles, & Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis: A Source of New Methods. Beverly Hills: Sage Publication, Inc.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trisnaningrum, Y., Alek, & Hidayat, D. N. (2019). Discourse Analysis of Grammatical Cohesion Devices in College Students' Academic Essays Writing. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 6 (1), 79-90. doi:http://doi.org/10.15408/ijee.v6i1.12502

Published
2023-06-04
How to Cite
1.
Candra Kirana R, Al Rosyiidah A. ANALISIS REFERENSI PADA KARANGAN MAHASISWA DEPARTEMEN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA BERTEMA KULINER MADURA. parafrase [Internet]. 4Jun.2023 [cited 4Nov.2024];23(1):60-9. Available from: https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/parafrase/article/view/7641