PEMANFAATAN E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GO-FOOD DAN INVENTORY ANDROID UNTUK UMKM KAMPUNG TEMPE SURABAYA
Abstract
Kampung tempe adalah kelompok pelaku UMKM penghasil tempe tradisional secara turun temurun. Kondisi ini mengakibatkan jumlah penghasil tempe semakin langka, kampung tempe ini berlokasi pada pusat kampung tempe tenggilis kauman surabaya. Pelaku UMKM pada kampung tempe ini dalam menjalankan usahanya mempunyai beberapa hambatan misalnya pemasaran produk tempe masih terbatas dan belum terbentuknya toko online, serta pengelolaan persediaan masih tradisional. Tujuan pemanfaatan teknologi e-commerce ini untuk memfasilitasi para pelaku UMKM kampung tempe supaya mempunyai keterampilan pada penggunaan teknologi online (e-commerce) menggunakan aplikasi Go-Food dalam memasarkan produknya dan mengelola persediaan secara cepat, sehingga perlu dilakukan adanya pendampingan dalam memanfaatkan teknologi e-commerce dan pengelolaan persediaan menggunakan aplikasi berbasis android. Hasil dari pengabdian masyarakat ini para pelaku UMKM di kampung tempe dapat memasarkan hasil berbagai produk olahan tempe melalui aplikasi go-food sehingga jangkauan pemasaran lebih luas dan dapat menarik konsumen lebih banyak, serta mampu mengelola persediaan tempe secara cepat untuk mengurangi kendala sisa stock yang berlebih dan tidak terpakai dengan menggunakan teknologi android. Kata kunci: E-Commerce, Aplikasi Go-Food, Aplikasi Persediaan, Kampung TempeDownloads
References
Arifin, Ali. 2005. Seni Menjual: Perspektif Bisnis, Ide-ide Penjualan serta Strategi
Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Devi, Mega Febri Silviana. 2014. Penerapan Bauran Pemasaran dalam Jaringan melalui
Media Sosial untuk Membangun Hubungan Pelanggan, Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Surabaya.
Fitrizal. 2013. “Pengendalian Intern Persediaan Bahan Baku Untuk Kelancaran Produksi
Pada PT. Lembah Karet Padang”. Jurnal Akuntansi. Volume 2 Nomor 2. Universitas
Putra Indonesia “YPTK” : Padang.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson
Education, Inc.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Mulyadi. 2014. Sistem Akuntansi. Cetakan Keempat. Jakarta : Salemba Empat.
Rahmi, Ameli dan Moris Adidi Yogya. t.t. Pengaruh Pemasaran Online terhadap Keputusan
Pembelian Produk Fashion dikalangan Mahasiswa (Study Kasus Mahasiswa Fisipol
Unversitas Islam Riau), Progam Studi Admisitrasi Bisnis Fisipol UIR.
Supradono, Bambang. Streategi Pemasaran lewat Internet (Cybermarketing), Fakultas
Teknik Universitas Muhammadiyah Semarang
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.