MANAJEMEN STRES UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN SAAT PANDEMI COVID-19
Abstract
Wabah Covid-19 yang terjadi di Indonesia memberikan dampak besar bagi segala sektor kehidupan. Kejadian kasus tersebut yang terus mengalami peningkatan memunculkan kecemasan pada masyarakat. Salah satu yang terkena dampak adalah santri di lingkungan PPPM Baitul Makmur. Para Santri mengalami kecemasan terkait penularan virus. Di sisi lain peran mereka sebagai mahasiswa juga memberi tantangan yang menimbulkan kecemasan karena mereka dituntut untuk belajar dengan cara yang berbeda dari biasanya yaitu secara online. Penanganan untuk kecemasan menjadi hal yang esensial karena kecemasan yang tidak tertangani akan meningkatkan stres serta penurunan kualitas hidup bagi orang yang mengalaminya. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk menurunkan kecemasan para santri di lingkungan PPPM Baitul Makmur dengan melakukan pelatihan manajemen stres secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini dilakukan selama 2 (dua) hari dengan melibatkan mahasiswa sebanyak 28 santri. Kegiatan ini berupa psikoedukasi yang mana partisipan telah dibekali modul sebelum pelatihan dimulai. Analisa yang digunakan adalah one group pre-test dan post-test design. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan terhadap kecemasan yang dirasakan oleh para santri, Namun, perbedaan yang ada tidak signifikan. Hal ini dapat dipengaruhi oleh sesi pelatihan yang hanya dilakukan secara daring sehingga hanya mengena pada aspek kognitif serta afeksi, namun belum sampai mempengaruhi perilaku partisipan. Namun, para santri menyatakan puas dan mendapatkan manfaat dari pelatihan ini. Kata Kunci: Stres, Manajemen Stres, Kecemasan, Pandemi Covid-19Downloads
References
Badri, Ariane Riskha. (2012). Manajemen Stres Kerja Pada Beberapa Karyawan dan Buruh
Di PT. Monier Tangerang. Jurnal Studi Terapan Peminatan Psikologi Terapan
Kesehatan. Volume 1 (hlm 24-110). Depok : Fakultas Universitas Indonesia.
Dadang, H. (2006). Manajemen Stres, Cemas dan Depresi. Jakarta: Gaya Baru.
Hadi, S. (2016). Statistik. Pustaka Pelajar: Yogyakarta
Hakim, G. R. U., Tantiani, F. F, & Shanti, P. (2017). Efektifitas Pelatihan Manajemen Stres
Pada Mahasiswa. Jurnal Sains Psikologi, Vol. 6(2), 75-79.
Hawari, D. (2004). Al Quran Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa (Edisi
Ketiga).Yogyakarta : PT. Dana Bhakti Prima Yasa.
Islamiyah, A., Sismawati, M., & Kaloeti, D. V, S. (2020). Pengaruh Psikoedukasi
Mindfulness Singkat pada Kemampuan Regulasi Emosi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah
Psikologi Terapan, Vol. 8(1), 66-74.
Kusnul Ika Sandra & M. As’ad Djalali . (2013). Manajemen Waktu, Efikasi- Diri Dan
Prokrastinasi. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 2(3), 217–222.
Rachmawati, Artikel Kompas. (2020).
https://regional.kompas.com/read/2020/07/08/13450051/menyoal- santri-pondokgontor-asal-sidoarjo-yang-positif-covid-19 terpapar?page=all. (Diakses pada 25 Juli
, Pukul 16.48 WIB)
Schafer, W. E. (2000). Stress Management for Wellness. California: Thompson Inc
Schwartz. (2000), Intisari Prinsip-Prinsip Ilmu Bedah, terjemahan Laniyati, et.al, Linda C.
(Eds.), ed. 6th, Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta, 15- 18
Taylor, S.E. (1995). Health Psychology. Singapore: McGraw-Hill Book Co.
Yasmin, M., Zulkarnain, & Daulay, D. A. (2017). Gambaran Homesickness Pada Siswa Baru
di Lingkungan Pesantren. Psikologia: Jurnal Pemikiran & Penelitian Psikologi, Vol.
(3), 165-172.
Yunita, Niken Widya. (2020). Penyebab, Asal Mula, dan Pencegahan Virus Corona di
Indonesia. DetikNews, 28 Maret 2020. Retrieved from
https://news.detik.com/berita/d4956764/penyebab-asal-mula-dan-pencegahan-viruscorona-di-indonesia