STRATEGI OPTIMALISASI MUSEUM DI BANYUWANGI BERBASIS BANYUWANGI FESTIVAL (B-FEST)

  • Priangga Eko S Prodi Akuntansi, Universitas 17 Agustus 1945
  • R. Dravendy Marta Ishardhi Prodi Hukum, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

Abstract

Banyuwangi merupakan daerah yang saat ini pariwisatanya sangat maju. Banyak sekali destinasi wisata, baik wisata alam maupun buatan. Tingkat kunjungan wisatawannya meningkat pesat dari tahun ke tahun. Demikian pula dengan kultur kebudayaannya. Kearifan lokal di Banyuwangi masih sangat otentik. Hal tersebut memicu tingginya minat wisatawan untuk datang dan mengunjungi Banyuwangi. Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis potensi dan menentukan strategi pengembangan museum di Banyuwangi agar dapat bersaing dengan daerah tujuan wisata lainnya dan mampu menjadi sarana penyimpanan hasil seni dan budaya dalam kegiatan Banyuwangi Festival (B-Fest). Metode penelitian dalam laporan ini adalah dengan menggunakan sistem pengumpulan data secara langsung melalui observasi, wawancara, studi pustaka, studi dokumen, serta menggunakan teknik analisis data yang disajikan dalam bentuk diskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Banyaknya karya seni dan budaya yang dihasilkan dalam Banyuwangi Festival (B-Fest) yang harus diidentifikasi dan harus dirawat dengan baik; 2) Perlunya sarana eduksi berbasis museum sebagai penunjang pariwisata budaya di Kabupaten Banyuwangi. 3) Museum Banyuwangi berbasis banyuwangi Festival (B-Fest) bisa menjadi tempat pariwisata alternatif untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Banyuwangi. Kata kunci : Banyuwangi, Festival, Museum

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin, H. M. 2009. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan

Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Denzin, K. dan Lincoln. 2009. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Eka Zulaikha, Strategi Pengelolaan Museum Sebagai Daya Tarik Wisata Warisan Budaya

di Daerah Istimewa Yogyakarta, Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi

Teknologi di Industri 2018

H.B Sutopo, 2002. Metode Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka

Cipta

Miles, M.B., & Huberman, A. M. 2014. Qualitative data analysis: amethodssource book.

Thirdedition. USA: SAGE Publications, Inc.

Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu

Komunikasidan Ilmu SosialLainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pariwisata Indonesia Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan.Yoyakarta: Kanisius.

Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Pariwisata. Bandung: Alpabeta.

Pearce II, John A, dan Robinson, Richard B.2011 Strategic Management : Formulation,

Implementation and Control, Twelfth Edition, New York : Mc Graw Hill249

SEMINAR NASIONAL KONSORSIUM UNTAG Indonesia ke-2 Tahun 2020

ISBN : 978-623-96163-3-5

Rangkuti, Freddy (2006) SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama. Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV Alfabeta.

Sarosa, Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar. (Penyunting: Bambang

Sarwija). Jakarta: Permata Putri Media

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV.

Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Sutopo, H.B. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University

Press.

Published
2021-04-13