STRATEGI OPTIMALISASI MUSEUM DI BANYUWANGI BERBASIS BANYUWANGI FESTIVAL (B-FEST)
Abstract
Banyuwangi merupakan daerah yang saat ini pariwisatanya sangat maju. Banyak sekali destinasi wisata, baik wisata alam maupun buatan. Tingkat kunjungan wisatawannya meningkat pesat dari tahun ke tahun. Demikian pula dengan kultur kebudayaannya. Kearifan lokal di Banyuwangi masih sangat otentik. Hal tersebut memicu tingginya minat wisatawan untuk datang dan mengunjungi Banyuwangi. Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis potensi dan menentukan strategi pengembangan museum di Banyuwangi agar dapat bersaing dengan daerah tujuan wisata lainnya dan mampu menjadi sarana penyimpanan hasil seni dan budaya dalam kegiatan Banyuwangi Festival (B-Fest). Metode penelitian dalam laporan ini adalah dengan menggunakan sistem pengumpulan data secara langsung melalui observasi, wawancara, studi pustaka, studi dokumen, serta menggunakan teknik analisis data yang disajikan dalam bentuk diskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Banyaknya karya seni dan budaya yang dihasilkan dalam Banyuwangi Festival (B-Fest) yang harus diidentifikasi dan harus dirawat dengan baik; 2) Perlunya sarana eduksi berbasis museum sebagai penunjang pariwisata budaya di Kabupaten Banyuwangi. 3) Museum Banyuwangi berbasis banyuwangi Festival (B-Fest) bisa menjadi tempat pariwisata alternatif untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Banyuwangi. Kata kunci : Banyuwangi, Festival, MuseumDownloads
References
Bungin, H. M. 2009. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan
Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Denzin, K. dan Lincoln. 2009. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Eka Zulaikha, Strategi Pengelolaan Museum Sebagai Daya Tarik Wisata Warisan Budaya
di Daerah Istimewa Yogyakarta, Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi
Teknologi di Industri 2018
H.B Sutopo, 2002. Metode Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka
Cipta
Miles, M.B., & Huberman, A. M. 2014. Qualitative data analysis: amethodssource book.
Thirdedition. USA: SAGE Publications, Inc.
Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu
Komunikasidan Ilmu SosialLainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Pariwisata Indonesia Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan.Yoyakarta: Kanisius.
Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Pariwisata. Bandung: Alpabeta.
Pearce II, John A, dan Robinson, Richard B.2011 Strategic Management : Formulation,
Implementation and Control, Twelfth Edition, New York : Mc Graw Hill249
SEMINAR NASIONAL KONSORSIUM UNTAG Indonesia ke-2 Tahun 2020
ISBN : 978-623-96163-3-5
Rangkuti, Freddy (2006) SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama. Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV Alfabeta.
Sarosa, Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar. (Penyunting: Bambang
Sarwija). Jakarta: Permata Putri Media
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV.
Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Sutopo, H.B. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University
Press.