PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH WAWASAN KEBANGSAAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DI ERA NEW NORMAL

  • Mahfud Mahfud Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Candra Hermawan Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Dian Arief Pradana Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

Abstract

Wabah Pandemi covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran yang biasanya diselenggarakan secara konvensional. Bahkan Mendikbud juga mengeluarkan larangan perkuliahan secara tatap muka langsung sampai pandemi berakhir. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan ini, dengan adaptasi kenormalan yang baru. Metode pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring mata kuliah wawasan kebangsaan di FKIP Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, sebagai upaya menekan mata rantai penyebaran covid-19 di Perguruan Tinggi, agar Perguruan Tinggi tidak memunculkan cluster baru covid-19. Subjek penelitian adalah mahasiswa FKIP yang menempuh mata kuliah wawasan kebangsaan. Pengumpulan data dilakukakan dengan wawancara melalui aplikasi google meet. Metode analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif teorinya Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa FKIP Untag Banyuwangi sebagian besar mempunyai fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran daring dengan google classroom; (2) pembelajaran daring mata kuliah wawasan kebangsaan dengan google classroom gratis, memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya, sangat mobile friendly dengan mahasiswa pemula dan mampu mendorong munculnya kemandirian belajar pada mata kuliah wawasan kebangsaan serta meningkatnya motivasi untuk lebih aktif dalam belajar; dan (3) pembelajaran daring dengan google classroom mampu mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya keramaian dikampus sehingga dianggap dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus. Lemahnya pengawasan terhadap mahasiswa, spesifikasi kecanggihan perangkat HP/Android mempengaruhi efektivitas kurang kuatnya sinyal di daerah pelosok, dan mahalnya biaya kuota adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring dengan google classroom. Meningkatnya kemandirian belajar, minat dan motivasi, keberanian mahasiswa FKIP yang menempuh mata kuliah wawasan kebangsaan dalam mengemukakan gagasan dan pertanyaan adalah keuntungan lain dari pembelajaran daring dengan google classroom karena tersedia fitur interaktif untuk forum diskusi dan kolom komentar bagi yang tidak terbiasa mengajukan pertanyaan dan gagasan secara langsung. Kata kunci: pembelajaran daring, mata kuliah wawasan kebangsaan, google classroom, new normal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gofur, A. (2018). Using Google Classroom on Inquiry Based Learning to Improve

Student’s Learning Participation. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(2), 1503-1509.

Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis Second Edition.

SAGE Publications.

Sadikin, A., Johari, A., & Suryani, L. (2020). Pengembangan multimedia interaktif

biologi berbasis website dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Edubiotik: Jurnal

Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 18-28.

https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.644.

Published
2021-04-13