TINJAUAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Dengan adanya covid-19 yang telah menjadi pandemi dunia dengan menyerang 215 negara membuat para pendidik mencari alternatif dalam melaksanakan pembelajaran berbasis elektronik atau biasa disebut e-learning atau daring . Daring adalah salah satu kemajuan di era revolusi industri 4.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran penerapan pembelajaran daring di era revolusi industri 4.0 dalam menekan penyebaran pandemi covid-19 . Penelitian desktiptif dengan pendekatan kuantitatif ini mengambil subyek penelitian adalah mahasiswa program studi teknik informatika di Universitas Mulawarman. Data survey disebar menggunakan instrumen kuesioner menggunakan google form dikumpulkan secara on line . Data dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Penelitian yang mencoba meninjau dua hal ini menemukan gambaran-gambaran penting bagaimana perangkat dan infrastruktur pembelajaran daring itu sebagai hal yang mesti ditinjau kembali oleh pemerintah. Selain itu gambaran lain tentang proses pembelajaran daring ,inovasi penggunaan dua platform (zoom dan google meeting) di satu sesi pembelajaran daring,serta sedikit gambaran tentang penggunaan metode belajar alternatif, tersajikan dalam paper ini. Hasil penelitian ini diyakini membantu dosen dan intruktur pengajaran dalam perencanaan perkuliahan,proses perkuliahan dan bentuk evaluasi dalam memutuskan platform pendukung pelaksanaan perkuliahan tersebut serta inovasi yang perlu dilakukan. Kata kunci: pembelajaran daring, platform elearning,inovasiReferences
Aan Widiyono. 2020. Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada mahasiswa PGSD
di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan. Vol.8, No.2331
SEMINAR NASIONAL KONSORSIUM UNTAG Indonesia ke-2 Tahun 2020
ISBN : 978-623-96163-3-5
Adisel & Ahmad. 2020. Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19
sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21 . Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa
Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun
Eko Yulianto dkk. 2020. Perbandingan Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring
Menggunakan Whatsapp groupdan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang
Pembelajar Pada Masa Pandemic COVID-19. Jurnal Riset Teknologi dan
Inovasi Pendidikan (JARTIKA) Vol. 3 No. 2 (Juli) 2020, Hal. 331-341
M. Ardi Sulata & Abd. Hakim. 2020. Gambaran Perkuliahan Daring Mahasiswa Ilmu
keolahragaan Unesa di Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Kesehatan
Olahraga, Vol 08 No 03, Edisi Oktober 2020, hal 147 - 156
Mahalakshmi , Kumar, Saravanakumar. 2020. E-Learning during Lockdown of
Covid-19 Pandemic: A Global Perspective International Journal of
Control and Automation Vol. 13, No. 4, (2020), pp. 1088-1099
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring
Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA.
Integralistik, 31(1), 1-12. https://doi.org/10.15294/integralistik.v31i1.21834
Suci. 2020. Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Daring pada Program
Studi S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya selama Masa
Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Indonesia Journal of
Science Learning. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/IJSL
Suci Ferdiana. Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Daring pada Program
Studi S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya selama Masa
Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). 2020.