RE-DESAIN KEMASAN SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN OMSET PADA UMKM PIA “MAHEN” DI KECAMATAN PANDAAN,KABUPATEN PASURUAN

  • Intan Kusumaningayu S.T., M.T. Arsitektur, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dr. Andarita. Rolalisasi, S.T., M.T Arsitektur, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ian Kurniawan Leksono Eko Cahyo Arsitektur, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mochammad Rizal Kurniawan Arsitektur, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini merupakan pelaksanaan tahun kedua setelah sebelumnya mengembangkan desain tempat usaha, pada tahun ini dilakukan upaya untuk meningkatkan kembali omset yang semakin menurun lagi akibat adanya pandemi Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu membuat desain ulang kemasan produk dengan tampilan yang lebih sederhana dan menarik. Selain itu juga mengembangkan desain logo yang sudah melekat pada pelanggan. Desain kemasan baru tidak serta merta menggantikan semua kemasan yang sudah ada, tetapi akan menjadi pendukung untuk lebih meningkatkan jumlah pelanggan. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini berupa metode perancangan dengan re-desain kemasan produk sehingga memiliki tampilan yang lebih menarik tanpa merubah identitas kemasan yang berwarna hijau dan memiliki logo bergambar koki berkumis. Luaran yang dihasilkan dari pengabdian pada masyarakat ini berupa karya desain baik dari desain kemasan maupun desain logo yang akan didaftarkan pada Hak Kekayaan Intelektual berupa hak cipta. Sebagai pelaku usaha kecil diperlukan strategi yang tepat untuk dapat meningkatkan penjualan, salah satunya melalui desain kemasan yang menjadi sarana promosi. Dengan desain kemasan baru yang lebih menarik diharapkan dapat meningkatkan kembali omset yang turun serta dapat lebih memperluas jangkauan pelanggan. Kata kunci: re-desain; promosi; usaha kecil

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyanti, Masayu Endang. 2018. “Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk

Perusahaan”. Sosio e-kons, volume 10, No. 1, halaman 20-27, April 2018

Cenadi, Christine Suharto. 2000. “Peranan Desain Kemasan dalam Dunia Pemasaran”.

Nirmana, volume 2, No. 1, halaman 92-103, Januari 2000

Irrubai, Mohammad Liwa. 2015. “Strategi Labeling, Packaging, dan Marketing Produk

Hasil Industri Rumah Tangga di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota

Mataram Nusa Tenggara Barat”. Society Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi,

edisi XIII, halaman 15-30, April 2015

Mufreni, Alfin NF. 2016. “Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan

Kemasan terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk

Tocha)”. Jurnal Ekonomi Manajemen, volume 2, No. 2, halaman 48-54,

November 2016

Nugrahani, Rahina. 2015. “Peran Desain Grafis pada Label dan Kemasan Produk

Makanan UMKM”. Imajinasi: Jurnal Seni, volume 9, No. 2, halaman 127-136,

Juli 2015

Published
2021-04-13