PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK COIL VAPOR PADA CV. BIZANTIUM BUILDER SIDOARJO MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA)

  • Vincent Oktavianus Oktavianus Pranata Universitas 17 Agustus 1945
  • Erni Puspanantasi Putri
Keywords: Pengendalian Kualitas, FMEA, FTA

Abstract

Bizantium Builder adalah badan usaha yang berfokus dalam pembuatan coil rokok elektrik. Sebagai salah satu langkah untuk memuaskan konsumen, salah satu aspek yang selalu diperhatikan dalam setiap proses produksinya yaitu kualitas produk coil rokok elektrik sehingga kepuasan konsuen tetatp terjaga. Dalam proses produksi tentu ditemukan produk cacat setiap harinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat apakah proses produksi yang ada masih dalam batas kontrol aman dan menganalisa penyebab permasalahan jika data tersebut melebihi kontrol yang ada. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan data produksi dan data produk cacat dengan menggunakan metode FMEA dan FTA yang kemudian diolah untuk menganalisis penyebab permasalahan dan pemberian saran bagi CV. Hasil proses pengendalian kualitas dari 53 pengamatan ditemukan 6 pengamatan yang melebihi garis batas bawah maupun garis batas atas sehingga perlu dilakukan analisis. Dari analisis yang ada ditemukan jika permasalahan yang terjadi disebabkan oleh pekerja yang kelelahan, kesalahan dalam metode, dan perawatan alat yang jarang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-25
How to Cite
Pranata, V. O., & Putri, E. (2023). PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK COIL VAPOR PADA CV. BIZANTIUM BUILDER SIDOARJO MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA). TEKNIKA, 1(1), 191-204. Retrieved from https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/teknika/article/view/9364
Section
Articles