EVALUASI PERBAIKAN PERFORMANSI JASA PELAYANAN MENGGUNAKAN SERVQUAL DAN IPA OLEH PELANGGAN RESTORAN AKS

  • I Gusti Ayu Sri Deviyanti Teknik Industri, Institut Sains & Teknologi Terpadu Surabaya
  • Moch. Ainul Fais Teknik Industri, Universitas W R Supratman Surabaya
  • Silvana Mohamad Teknik Industri, Universitas 45 Surabaya
  • Devi Susiati Teknik Industri, Universitas 45 Surabaya3
Keywords: IPA; Kartesius; SERVQUAL; Strategi.

Abstract

Pelayanan adalah salah satu faktor atau parameter untuk mendapat hasil optimal pada setiap bidang usaha, sehingga manajemen pada setiap bidang usaha disarankan untuk terus mengevaluasi performansi jasa pelayanan yang telah mereka berikan terhadap konsumen. Objek penelitian ini adalah sebuah restoran ternama di Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan SERVQUAL dan IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi perbaikan performa jasa pelayanan menggunakan SERVQUAL dan IPA. Dari pengolahan menggunakan SERVQUAL ada 3 dimensi yang tidak sesuai harapan dari konsumen yaitu  Reliability, Assurance, dan empati sedangkan melalui pengolahan menggunakan IPA didapatkan hasil 1 atribut di kuadran 1, 11 atribut di kuadran 2, 4 atribut di kuadran 3, dan 2 atribut di kuadran 4.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaniago, H., & Negeri Bandung, P. (2020). Analisis kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga pada loyalitas konsumen nano store. International Journal Administration, Business and Organization, 1(2), 59–69. https://www.researchgate.net/publication/349076606

Deo, P. G. E., Program, R. S., & Linda. (2017). Analisis kualitas layanan lazada dengan menggunakan metode E-SERVQUAL dan IPA. Journal of Accounting and Business Studies, 2(1). https://journal.ithb.ac.id/index/index

Fais, M. A., & Sudarso, I. (2022). Perumusan strategi pemasaran jasa efektif dengan integrasi metode PDSQ (Physical Distribution Service Quality) dan TRIZ (studi kasus : UD. XYZ). Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan II, 109–116. http://ejurnal.itats.ac.id/senastitan/article/view/2601/2207

Jazuli, M., Samanhudi, D., & Handoyo. (2020). Analisis kualitas pelayanan dengan SERVQUAL dan importance performance analysis di PT. XYZ. Juminten: Jurnal Manajemen Industri Dan Teknologi, 1(1), 67–75. URL: http://juminten.upnjatim.ac.id/index.php/juminten

Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2008). Principles of marketing (ke-12). Pearson/Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=5FEfAQAAIAAJ

Liestianingsih Dwi Dayanti, F. K. R. P. (2017). Hubungan Masyarakat (3rd ed., Vol. 1). Universitas Terbuka.

Nasution. (2001). Manajemen mutu terpadu (TQM). Ghalia Indonesia.

Oh, H. (2001). Revisiting importance–performance analysis. Tourism Management, 22(6), 617–627. https://doi.org/10.1016/s0261-5177(01)00036-x

Reza, B., Santoso, & Eka Dewi. (2020). Strategi pemasaran berdasarkan analisis SWOT pada mini market di Mutiara Mart Rowotengah Jember. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 301–387. http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51314

Slamet, R., Nainggolan, B., Ramdani, H., Hendriyanto, A., lu, L., & Ilma, ul. (2016). Development strategy of digital start up to confront the era of free market. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136–147. https://journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/319

Tjiptono & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta (2nd ed.). Andi.

Trisnawati, R., & Sulistyowati, E. (2019). Mekanisme Corporate Governance Dan Manajemen Laba Model Long Term Discretionary Accrual Pada Perusahaan Go Publik Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dayasaing, 21(1), 55–69. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v21i1.7400

Wilujeng, F. R., Rembulan, G. D., Andreas, D., Tannady, H., & No, L. R. (2019). Meningkatkan kepuasan pelanggan pada dua bisnis E-Commerce terbesar di Indonesia dengan menggunakan analisis SERVQUAL dan IPA. Prosiding SEMNASTEK , 16, 1–9. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/5217

Winarno, H., & Absor, T. (2017). Analisis kualitas pelayanan dengan metode service quality (SERVQUAL) dan importance performance analysis (IPA) pada pt. media purna engineering. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 1(2), 146–160. https://doi.org/10.30988/jmil.v1i2.15

Zeithaml, V. A. , B. L. L. , dan P. A. (1993). The nature and determinants of customer expectations of service. Journal of the Academy of Marketing Science, 49(21), 1–12.
Published
2023-10-31
How to Cite
Deviyanti, I. G., Fais, M., Mohamad, S., & Susiati, D. (2023). EVALUASI PERBAIKAN PERFORMANSI JASA PELAYANAN MENGGUNAKAN SERVQUAL DAN IPA OLEH PELANGGAN RESTORAN AKS. Heuristic, 20(2), 145-152. https://doi.org/10.30996/heuristic.v20i2.10155
Section
Articles