PENENTUAN INTERVAL WAKTU PERAWATAN KOMPONEN KRITIS PADA MESIN INJECTION MOLDING PLASTIK DENGAN METODE AGE REPLACEMENT PADA PT. XYZ

  • Rifky Gilang Alamsyah Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Wiwin Widiasih Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Age Replacement; Komponen Kritis; Biaya Perawatan.

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan di bidang manufaktur yang memproduksi sandal. Perusahaan ini menggunakan perawatan mesin secara korektif yang berarti perusahaan hanya memperbaiki atau mengganti komponen mesin jika terjadi kerusakaan saja tanpa adanya perawatan pencegahan atau pemeriksaan yang terjadwal. Oleh karena itu, dengan metode age replacement bertujuan untuk perusahaan mengetahui kapan dilakukan penggantian pencegahan dan pemeriksaan komponen mesin. Komponen screw barrel dan oil cooler merupakan komponen kritis berdasarkan dari analisa frekuensi kerusakan menggunakan diagram pareto 80:20. Diketahui bahwa interval waktu penggantian pencegahan komponen screw barrel selama 48.000 menit dan komponen oil cooler selama 89.000 menit dengan interval pemeriksaan komponen selama 6 dan 19 hari sekali untuk masing – masing komponen mesin. Komponen mesin Setelah dilakukan preventive maintenance memiliki nilai realibility dan availibility mendekati 1 dan dapat diprediksi berfungsi dengan baik dan dapat bekerja sesuai interval waktu yang telah ditentukan. Selisih total biaya penggantian komponen mesin yang diterapkan oleh perusahaan dengan total biaya preventive maintenance yang diusulkan adalah sebesar Rp 2.588.718 untuk komponen screw barrel dan sebesar Rp 392.898 untuk komponen oil cooler atau sebesar 12-13% untuk tiap komponen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asih, E. W., Sodikin, I., & Triski, D. S. (2021). Penjadwalan Perawatan Preventif dan Waktu Penggantian Mesin Huller dengan Metode Age Replacement dan Therbogh’s Model. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST).

Dhillon, B. S. (2007). Applied Reliability and Quality : Fundamentals, Methods and Procedures. Springer.

Duffuaa, S. O., & Raouf, • A. (2015). Planning and Control of Maintenance Systems Modelling and Analysis Second Edition (Second Edition). Springer International Publishing Switzerland.

E. Ebeling, C. (1997). An Introduction To Reliability and Maintainability Engineering (E. M. Munson, Ed.). McGraw-Hill Companies.

Fansuri, R. F., Widiasih, W., & Nuha, H. (2016). Penentuan Interval Waktu Preventive Maintenance dan Biaya Perawatan Mesin Bandsaw di CV. SISI JATI BENING dengan Metode Age Replacement. TA.

Haririn, S. R., & Wulandari, D. (2019). Perencanaan Perawatan Pengoptimalan Biaya Down Time Mesin Flying Shear Metode Age Replacement di PT. HANIL JAYA STEEL. JPTM, 8(1), 41–47.

Jardine, A. K. S., & Tsang, A. H. C. (2013). Maintenance, Replacement, and Reliability (Second Edition). Taylor & Francis Group.

Koch, R. (1997). The 80/20 Principle: The Secret of Achieving More with Less. Nicholas Brealey Publishing.

Kurniawan, F. (2013). Manajemen Perawatan Industri Teknik Dan Aplikasi : Implementasi Total Productive Maintenance (TPM), Preventive Maintenance & Reliability Centered Maintenance (RCM) (Pertama). Graha Ilmu.

Pranowo, I. (2009). Sistem dan Manajemen Pemeliharaan (Pertama). Deepublish Publisher.

Septiyan, H., Abdulrahim, I. M., Siti, M., & Khoiroh, S. T. (n.d.). ANALISIS KUALITAS PRODUK SONGKOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) DI UD.SONGKOK NIZAM GRESIK.

Septyani, S., & Taufik. (2015). Penentuan Interval Waktu Perawatan Komponen Kritis pada Mesin Turbin di PT PLN (PERSERO) Sektor Pembangkit Ombilin. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 14(2), 238–258.

Sodikin, I. (2010). Analisis Penentuan Waktu Perawatan dan Jumlah Persediaan Suku Cadang Rantai Garu yang Optima. Teknologi, 3(1), 44–52.

Wahjudi, D., & Amelia. (2000). Analisa Penjadwalan dan Biaya Perawatan Mesin Press untuk Pembentukan Kampas Rem. TEKNIK MESIN, 2(1), 50–61.

Yuda Prawiro, Y. (2015). Penentuan Interval Waktu Penggantian Komponen Kritis Pada Mesin Volpack Menggunakan Metode Age Replacement. In Jurnal Teknik Industri (Vol. 16, Issue 2).
Published
2023-10-31
How to Cite
Alamsyah, R., & Widiasih, W. (2023). PENENTUAN INTERVAL WAKTU PERAWATAN KOMPONEN KRITIS PADA MESIN INJECTION MOLDING PLASTIK DENGAN METODE AGE REPLACEMENT PADA PT. XYZ. Heuristic, 20(2), 215-238. https://doi.org/10.30996/heuristic.v20i2.10160
Section
Articles