IDENTIFIKASI KESALAHAN MANUSIA DENGAN PENDEKATAN TECHNIQUE FOR HUMAN ERROR RATE PREDICTION (THERP)

  • Ratna Ayu Ratriwardhani

Abstract

PT. X adalah perusahaan manufaktur yang menghasilkan komponen boiler yang mengerjakan 500 karyawan dan 1500 karyawan subkontraktor dengan berbagai macam peralatan kerja dengan tingkat resiko terjadi kecelakaan yang tinggi. Meskipun perusahaan telah menerapkan zero accident, ternyata kecelakaan kerja masih sering terjadi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi kesalahan manusia saat bekerja dengan overhead crane juga mengidentifikasi efek terjadinya kesalahan manusia setiap prosedur pengoperasian overhead crane untuk meminimalisasi terjadinya kesalahan manusia. Dengan menggunakan metoda THERP ternyata  didapatkan besar HEP untuk benda kerja yang berbentuk bulat, persegi, beraturan dan tak beraturan masing-masing sebesar 0.051; 0.05; 0.046; dan 0,043. Maka direkomendasi bahwa untuk tugas-tugas yang kritis diperlukan administratif kontrol pada setiap prosedurnya, pengawasan oleh inspektor atau pemberian label dan tanda SWL pada setiap pengangkatan accesories yang digunakan, perawatan pada mesin, pelatihan, peringatan kembali mengenai prosedur pada operator.

Kata Kunci: kesalahan manusia, over crane, analisa kehandalan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dougherty, E. M. Jr., 1990, Human Reliability Analysis – Where Shouldst Thou Turn? Reliability Engineering and System Safety, 29(3), 283-299.

Feyer, A. M., and A. M. Williamson, 1998, Human factors in accident modeling. In: Stellman, J.M. (Ed.), Encyclopaedia of Occupational Health and Safety, Fourth Edition, Geneva: International Labour Organisation.

Kirwan, B., 1994, A Guide to Practical Human Reliability Assessment, CRC Press.

Swain AD and Guttmann HE., 1983, Handbook of human reliability analysis with emphasis on nuclear power plant applications. US Nuclear Regulatory Commission, Washington DC, NUREG/CR-1278.

Swain A. D., 1989, Comparative Evaluation of Methodes for Human Reliability Analysis (GRS-71), Garching, FRG: Gesellschaft für Reaktorsicherheit.

How to Cite
Ratriwardhani, R. (1). IDENTIFIKASI KESALAHAN MANUSIA DENGAN PENDEKATAN TECHNIQUE FOR HUMAN ERROR RATE PREDICTION (THERP). Heuristic, 15(02). https://doi.org/10.30996/he.v15i02.2141
Section
Articles