KAJIAN TERHADAP RESIKO KUALITAS HUBUNGAN KONTRAKTUAL ANTARA KONTRAKTOR DAN SUBKONTRAKTOR BERKAITAN DENGAN PEKERJAAN SPESIALIS PADA PROYEK KONSTRUKSI

  • Wateno Oetomo

Abstract

Pekerjaan spesialis yang tidak dilaksanakan sendiri oleh kontraktor pada proyek konstruksi merupakan keniscayaan. Salah satu kebutuhan kontraktor untuk melaksanakan pekerjaan spesialis tersebut dibutuhkan subkontraktor, keberadaan subkontraktor untuk suatu kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak berkaitan dengan biaya, mutu dan waktu sangat diperlukan. Untuk dapat melaksanakan kegiatan tersebut harus didukung oleh suatu kerjasama yang diikat dengan subkontrak meskipun pada kenyataannya masih belum dapat dilaksanakan dengan seadil-adilnya, utamanya menyangkut ketentuan dalam subkontrak yang berkaitan dengan resiko kualitas. Dalam penelitian ini akan mengkaji kaitannya dengan ketentuan terhadap isi yang ada dalam pasal-pasal subkontrak antara kontraktor dengan subkontraktor yang ada di Jawa Timur. Metode penelitian adalah mengkaji dari berbagai kasus (case study) terhadap isi dokumen terhadap 20 (duapuluh) subkontrak yang diambil secara acak (random sampling), dengan cara accidental sampling yang ditetapkan dari penelitian ini dari pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan subkontrak. Temuan dari penelitian ini menunjukkan pasal-pasal terhadap adanya penghindaran resiko kualitas dari hasil pekerjaan yang tidak memnuhi persyaratan, dan yang terjadi adalah lebih banyak mengatur tentang kewajiban-kewajiban subkontraktor, dan kurang dapat menjelaskan dampak hasil kualitas. Hal ini menunjukkan bahwa kurang mencerminkan adanya kerjasama yang baik diantara kontraktor dan subkontraktor. Saran dari penelitian ini adalah supaya dalam menentukan pasal-pasal subkontrak dapat ditetapkan seadil-adilnya terhadap resiko kualitas untuk menghindari terjadinya ketidak sesuaian kualitas yang tidak diharapkan.

Kata Kunci : Kontrak, Kontraktor, Subkontraktor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bush, Vincent G. 1973. Construction Management A Handbook for Contractors, Architects, and Students. Reston Publishing Company, Inc. A Prentice-Hall Company. Reston, Virginia 22090.

Cooper, Donald R., Emory C. William 1995. Business Research Methods. Fifth Edition. Richard D. Irwin, Inc. New York.

Dipohusodo, Istimawan. 1996. Manajemen Proyek dan Konstruksi Jilid I-II. Penerbit Kanisius Yogyakarta.

Hinze, J. 1993. Construction of Contract. Special Edition. McGraw-Hill. Singapore - New York - Torronto.

Indriantoro, Nur, Supomo, Bambang 1999. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. (Ed. Pertama). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Nugroho, Riko H, dan Wirahadikusumah, Reini D. 2006. Kajian Hubungan Kontraktual Antara Kontraktor Utama dengan Subkontraktor Pada Proyek Konstruksi . pag. 229-235. 1st Indonesian Construction Industry Conference (ICIC 1st).

Oetomo, Wateno, 2014. Manajemen Proyek dan Konstruksi dalam Organisasi Kontemporer. Penerbit. MediaTama Kementerian PU. Jakarta.

Soeharto, Imam, (1995). Manajemen Proyek dari Konseptual sampai Operasional. Cetakan Pertama. Penerbit PT. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R (Reseach) & D (Development). Penerbit Alfabeta. Bandung.

Published
2015-07-15
Section
Articles