Kebijakan PAUD Ke SD Yang Menyenangkan : Keterkaitan Efikasi Diri Dengan Persepsi

  • Nike Khintha Rifayanti Saputri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Adnani Budi Utami Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Sayidah Aulia Ul Haque Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Surabaya, Indonesia
Keywords: Efikasi diri, Persepsi, Guru, Kebijakan.

Abstract

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menghapus tes membaca, menulis, dan menghitung (calistung) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar (SD) mulai tahun ajaran 2022/2023. Namun, kebijakan ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan guru yang khawatir akan potensi masalah yang muncul. Sebagai tenaga pendidik, guru diharapkan selalu siap berkembang secara profesional dan memiliki persepsi yang positif terhadap kebijakan ini. Persepsi positif dapat mendorong guru untuk bertindak sesuai dengan keyakinan bahwa individu bisa berhasil, sementara persepsi negatif dapat memicu konflik dan ketidakpercayaan. Persepsi guru terkait erat dengan efikasi diri individu; guru dengan efikasi diri tinggi cenderung memiliki persepsi positif dan optimis terhadap kesuksesan, sedangkan yang memiliki efikasi diri rendah mungkin bersikap pesimis. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik sampling yang akan digunakan di penelitian ini adalah cluster random sampling. Partisipan atau sampel yang akan peneliti gunakan mempunyai karakteristik guru kelas 1 SD di Surabaya sebanyak 82 Responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional. Teknik analisis data menggunakan korelasi Spearman Brown. Berdasarkan hasil uji hipotesis, di dapatkan nilai signifikasi (1-Tailed) sebesar 0.000 dengan nilai spearman correlation (r) sebesar 0,868. Karena nilai p=0,000 (p<0,01), maka dapat disimpulkan hasil tersebut sangat signifikan. Dapat diartikan dalam penelitian ini terdapat korelasi positif antara efikasi diri dan persepsi pada guru kelas 1 SD di Surabaya sehingga hipotesis dari penelitian ini diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan persepsi pada guru kelas 1 SD di Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Satriana, M. et al. (2021) ‘Persepsi Guru Paud terhadap pembelajaran online: Fenomena Masa pandemi covid-19’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), pp. 362–373. doi:10.31004/obsesi.v6i1.1353.
Nevid, J. S. (2017). Psikologi Konsepsi Dan Aplikasi. Bandung: Nusa Media
JPNN (2019) Mulai Tahun Ajaran 2019, Kelas 1 Dan 2 SD Tidak Ada Calistung, www.jpnn.com. Available at: https://www.jpnn.com/news/mulai-tahun-ajaran-2019-kelas-1-dan-2-sd-tidak-ada-calistung (Accessed: 08 Nov 2023).
Amir, H. (2016) KORELASI PENGARUH FAKTOR EFIKASI DIRI DAN MANAJEMEN DIRI , 10(4), pp. 336–342.
Fadhila, D., Dahliana, A. and Bustaman, N. (2017) Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Siswa, 2(3).
Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
INKO SEPTIARA, V., & LISTIADI, A. (2019). PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, EFIKASI DIRI DAN PROGAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN (PPP) TERHADAP MINAT MENJADI GURU AKUNTANSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNESA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30512
Denika, A. (2019) Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Persepsi Guru Pembimbing Khusus (GPK) Terhadap Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus di SD AL Firdaus Surakarta
Alhadi, R. and Suryani, A. (2018) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PERSEPSI DALAM PEMBELAJARAN SECARA INDIVIDUAL DENGAN PERILAKU PEMBELAJARAN DI DALAM TIM SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA KARYAWAN PT.BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. CABANG BANDA ACEH, 3.
Bouckaert, M., & Kools, Q. (2018). Teacher Educators as Curriculum Developers: Exploration of a Professional Role. European Journal of Teacher Education, 41(1), 32–49. https://doi.org/10.1080/02619768.2017.1393517
Published
2024-07-26
Section
Articles