Intensitas penggunaan media sosial dan konformitas: Dinamika perilaku konsumtif remaja akhir

  • Kiky Marsya Aliyya Purwita Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Andik Matulessy Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nindia Pratitis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Perilaku Konsumtif, Intensita Penggunaan Media Sosial, Konformitas

Abstract

Remaja umumnya selalu ingin mengikuti tren, hal ini menyebabkan remaja merasa tidak puas dengan apa yang dimiliki dan menjadi konsumtif. Perilaku konsumtif merupakan tindakan seseorang dalam membeli barang yang tidak didasarkan pada pertimbangan rasional. Intensitas penggunaan media sosial adalah kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dan berulang dalam menggunakan media sosial. Konformitas adalah sebuah perubahan perilaku karena pengaruh sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah remaja yang berusia 18-21 sebanyak 106. Pengujian pada penelitian ini menggunakan metode Kendal tau. Hasil pada penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan perilaku konsumtif. Penelitian ini juga menunjukkan hasil tidak terdapat hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-20
Section
Articles