Konsep Diri sebagai Kunci Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Universitas 17 Agustsus 1945 Surabaya
Abstract
Penyesuaian diri merupakan proses dinamis yang melibatkan kemampuan individu untuk menghadapi perubahan lingkungan dan tantangan baru, sementara konsep diri mencerminkan evaluasi individu terhadap dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Dengan metode kuantitatif korelasional, penelitian ini melibatkan 312 mahasiswa baru sebagai partisipan yang dipilih menggunakan teknik sampling accidental. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis skala Likert, yang dirancang untuk mengukur variabel konsep diri dan penyesuaian diri. Hasil analisis data spearman dengan taraf signifikasi p=0,001<0,05 yang menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dan penyesuaian diri. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan program orientasi mahasiswa baru yang berfokus pada penguatan konsep diri untuk mendukung penyesuaian diri yang lebih efektif.