Self Compassion dan Dukungan Sosial pada Teacher Well Being Guru Sekolah Dasar
Abstract
Guru sekolah dasar sering menghadapi tekanan kerja yang dapat menurunkan kesejahteraan fisik dan mental. Tujuan penelitian ini untuk menguji apakah ada hubungan self-compassion dan dukungan sosial terhadap teacher well-being guru sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelational dengan melibatkan 130 guru sekolah dasar negeri di Kabupaten Blitar yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Instrument pengambilan data pada penelitian ini menggunakan skala likert yang terdiri dari skala teacher well-being Collie (2014), skala self-compassion Neff (2003), dan skala dukungan sosial Sarafino (2011). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program IBM SPSS versi 26 for windows. Hasil penelitian secara simultan maupun parsial menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan positif dari variabel self-compassion dan dukungan sosial dengan teacher well-being. Guru sekolah dasar yang memiliki self-compassion dan dukungan sosial yang baik maka teacher well-being yang didapatkan akan meningkat meskipun beban kerja tinggi.
Kata kunci: teacher well-being, self compassion, dukungan sosial, guru sekolah dasar