Peran Interaksi Sosial dan Stres Akademik dalam Meningkatkan Work-Life Balance Mahasiswa Pekerja di Surabaya

  • Maulana Firmansyah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Eben Ezer Nainggolan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sayidah Aulia Ul Haque Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: interaksi sosial, stres akademik, work-life balance, mahasiswa pekerja

Abstract

Abstrack

This study aims to examine whether social interaction and academic stress are related to work-life balance among working students in Surabaya. The population of this research consists of 362 individuals, determined based on Isaac and Michael's table with a 5% margin of error. A quantitative descriptive and verificative approach was adopted, using Purposive Sampling techniques. The instruments used include a Social Interaction Scale (32 items), the Perception of Academic Stress Scale (18 items), and the Work-life balance Scale (17 items). The study employed non-parametric ordinal linear regression, model fitting information tests, parameter estimates, and parallel linearity tests. The results indicate that academic stress and work-life balance have a significant positive effect (p < 0.000, estimate 6.607). Academic stress and work-life balance can encourage working students to manage their time more efficiently.

Keywords: Social interaction, academic stress, work-life balance, working students.

 

Abstrak

Hasil dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah interaksi sosial dan stres akademik berhubungan dengan work-life balance pada mahasiswa pekerja di kota Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah 362 orang, seperti yang di tetapkan ditabel Issac dan Michael, dengan tingkat kesalahan 5%. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan verifikatif, dengan teknik purposive sampling. Alat yang digunakan adalah skala interaksi sosial (32 item), the perception of academic stress scale dan work-life balance scale (18), dan work-life balance scale (WLB Scale) (17 item) untuk mengukur work-life balance. Hasil penelitian ini mencakup regresi linier ordinal non-parametrik, uji model fitting information, wparameter estimates dan parallel linier. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa stres akademik dan work-life balance secara signifikan berpengaruh positif (p < 0.000, estimasi 6.607). Stres akademik dan work-life balance  dapat digunakan mendorong mahasiswa pekerja untuk lebih efisien dalam mengelola waktu.

Kata Kunci: Interaksi sosial, stres akademik, work-life balance, mahasiswa pekerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-27
Section
Articles