Optimisme dengan Academic Adjustment pada Mahasiswa Tahun Pertama
Abstract
Mahasiswa tahun pertama merupakan status yang melekat pada mahasiswa di tahun yang baru memasuki perguruan tinggi. Mahasiswa tahun pertama akan menghadapi masa transisi kehidupan sekolah menengah ke dunia perkuliahan yang lebih mandiri dan penuh tantangan. Namun pada fase ini dapat dilihat bahwa tidak banyak mahasiswa yang mampu melakukan penyesuaian akademik dengan tingkat optimisme yang dimiliki. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menarik kesimpulan dari data sampel ke populasi untuk menguji hipotesis. Responden pada penelitian ini ialah mahasiswa aktif angkatan 2023 yang telah menempuh tahun pertama perkuliahan di Surabaya sejumlah 255 orang. Alat ukur yang digunakan yaitu skala optimisme yang mengacu pada aspek optimisme menurut Seligman (2008), dan skala academic adjustment disusun berdasarkan aspek menurut Schneiders (1964). Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis non parametrik. Hasil penelitian dengan teknik analisis Spearman’s rho menunjukkan bahwa hipotesis diterima dan menunjukkan terdapat hubungan positif antara optimisme dengan academic adjustment. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kedua variabel yang mengindikasikan bahwa peningkatan tingkat optimisme berhubungan secara proporsional dengan peningkatan kemampuan akademik individu dalam beradaptasi.