Fear of Missing Out sebagai Mediator Kesepian dan Kecanduan Media Sosial Pada Pengguna Dating App
Keywords:
Dating App; Fear of Missing Out (FoMO); Kecanduan Media Sosial; Kesepian; Mahasiswa.
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi digital, penggunaan media sosial, termasuk aplikasi kencan, semakin meningkat. Hal ini membawa dampak terhadap kondisi psikologis penggunanya, terutama mahasiswa yang menjadi pengguna aktif media sosial. Mereka rentan menghadapi dampak negatif seperti kesepian, Fear of Missing Out (FoMO), dan kecanduan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran FoMO sebagai mediator dalam hubungan antara kesepian dan kecanduan media sosial di kalangan mahasiswa pengguna dating app. Sebanyak 152 mahasiswa pengguna aktif dating app terlibat dalam penelitian ini, dengan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan melalui skala Likert. Hasil analisis mediasi menunjukkan efek tidak langsung sebesar 0,024 dengan signifikansi p = 0,583, yang berarti hubungan antara kesepian dan kecanduan media sosial melalui FoMO bersifat positif, namun tidak signifikan. Sedangkan pada efek langsung, diperoleh nilai sebesar 0,859 dengan p = 0,000, yang menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara kesepian dan kecanduan media sosial. Temuan ini mengindikasikan bahwa pengaruh langsung kesepian terhadap kecanduan media sosial lebih besar daripada pengaruhnya melalui FoMO.Downloads
Download data is not yet available.