Budaya K-Pop sebagai Pemicu Perilaku Konsumtif: Peran Kontrol Diri dan Konformitas
Keywords:
Perilaku konsumtif, kontrol diri, konformitas, penggemar k-pop
Abstract
Popularitas K-Pop semakin meningkat di Indonesia, terutama di kalangan generasi muda, telah menyebabkan munculnya beberapa tren konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kontrol diri dan konformitas dengan perilaku konsumen di kalangan penggemar K-Pop di Surabaya. Penelitian ini melibatkan 249 partisipan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan Skala Konformitas (32 item), Skala Kontrol Diri (13 item), dan Skala Perilaku Konsumtif (15 item). Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dan konformitas terhadap perilaku konsumtif penggemar K-Pop di Surabaya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pengetahuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, khususnya di kalangan penggemar K-Pop, serta menjadi referensi bagi para peneliti dan praktisi di bidang psikologi dan perilaku konsumen.Downloads
Download data is not yet available.