Pendampingan Pengabdian Kepada Masyarakat Untuk UKM Produk Tempe di Kapasjaya

  • suparjo itats ITATS Surabaya
  • Ni Luh Putu Hariastuti ITATS Surabaya

Abstract

Tempe dan tahu merupakan makanan yang digemari oleh banyak orang.Tempe merupakan masakan asli Indonesia.Tempe sangat mudah di buat menjadi masakan apapun, bahkan banyak yang menjadikannya sebagai pengganti daging. Industri kecil tahu dan tempe banyak tersebar di kawasan perkotaan sampai ke perdesaan. Usaha Kecil Membuat Tahu Tempe umumnya masih di buat dalam sekala kecil, begitu juga dengan penjualannya yang langsung di kirim ke pasar tradisional sekitar usaha. Namun begitu, saat ini tahu dan tempe sudah banyak yang menembus pasar swalayan, mall dan pasar modern lainnya. Bahkan sudah ada yang mengekspor tempe dan tahu ke luar negeri dan membuka cabang produksi dan pemasaran disana. Melihat besarnya pasar yang masih tersedia, dan juga peluang peningkatan usaha menjadi lebih besar sebagai upaya meraih taraf hidup yang lebih baik, menjadi alasan kuat kegiatan pendampingan UKM ini dilakukan. Mitra adalah usaha kecil menengah yang menghasilkan tempe dan terletak ditengah kota, terhimpit dengan derasnya arus metropolis di Kota Surabaya. Tingginya persaingan dan juga tingginya arus modernisasi yang ada, mengharuskan mitra untuk terus berinovasi dan mengembangkan diri dalam memasarkan produknya agar dapat diterima pasar yang lebih luas lagi. Berdasarkan harapan meraih taraf hidup yang lebih sejahtera, maka pihak tim IbM melakukan beberapa kegiatan pendampingan untuk mewujudkan hal tersebut. Beberapa kegiatan pendampingan yang dilakukan antara lain adalah Perbaikan lay out produksi menjadi lebih nyaman bagi para pekerja, pelatihan dan pendampingan peningkatan ketrampilan SDM dalam bidang kemasan produk untuk mendaptkan produk yang lebih bersih dan sehat, Pengembangan desain,merk, legalitas / perijinan ke badan BPOM dan kemasan produk yang lebih hyginies sebagai alat promosi produk, dan Perluasan pemasaran produk ke pasar modern yaitu pasar swalayan.. Melalui kegiatan pendampingan harapan UKM menjadi home industri yang mandiri dan lebih dikenal masyarakat secara luas dapat tercapai sehingga tujuan akhir program meningkatkan taraf hidup UKM menjadi lebih sejahtera dapat terwujud.

 

Kata Kunci : Layout, Produksi, kemasan, desain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchari Alma, 2005, Kewirausahaan, Alfabeta, Bandung,

REPUBLIKA.CO.ID, YLKI Minta BPOM Tindaklanjuti Temuan Pangan Tanpa Label, Selasa, 26 Oktober 2010

Rangkuti Freddy, 1997, Riset Pemasaran, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Tri Radiyati et.al.1992, Pengolahan Kedelai. Subang: BPTTG Puslitbang Fisika Terapan – LIPI.

www.caramembuattempe.com

www.gizi.

Published
2017-08-15
Section
Articles