PENGEMBANGAN PAKAN TERFERMENTASI UNTUK TERNAK RUMINANSIA DI DESA PANGPAJUNG KECAMATAN MODUNG KABUPATEN BANGKALAN

  • Wardah Wardah
  • Sjamsul Arief
  • Hari Purnomo

Abstract

Ternak ruminansia di Indonesia selama ini kebutuhannya terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan peningkatan nilai ekonomi masyarakat.Kondisi semacam ini menjadi peluang yang sangat besar bagi usaha ternak ruminansia khususnya sapi dan kambing oleh kelompok ‘Sukamaju’ desa Pangpajung, kecamatan Modung, Bangkalan.Usaha ternak sapi dan kambing juga menjadi andalan petani karena dapat meningkatkan pendapatan keluarga.Namun demikian untuk membangun usaha penggemukan ternak secara intensif memerlukan pengetahuan mulai dari penyediaan bibit, pakan, hingga manajemen berusaha dan tingkat penjualan ternak, agar pengelolaan usahanya berjalan dengan baik dan target peningkatan bobot badan ternak tercapai secara optimal.Permasalahan utama yang dihadapi kelompok ‘Sukamaju’ adalah penyediaan pakan berkualitas secara mandiri dan manajemen usaha penggemukan.Padahal di Kecamatan Modung dan sekitarnya merupakan penghasil bahan pertanian yang potensial untuk pakan ruminansia.Hal ini karena peternak belum mampu secara optimal mengembangkan pakan dari limbah hasil pertanian menjadi pakan berkualitas tinggi untuk ternak ruminansia, di samping teknik berusaha, kesehatan ternak, analisis usaha dan pemasaran hasil yang tepat.Kemandirian peternak dalam penyediaan pakan ruminansia dan teknik berwirausaha penggemukan ternak menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan mitra.Penguasaan iptek pengembangan pakan berkualitas terutama penyediaan pakan di musim kemarau dapat diwujudkan melalui pembuatan konsentrat probiotik dan jerami amoniasi terfermentasi serta teknik berwirausaha penggemukan ternak ruminansia. Program alih Iptek bermanfaat untuk peternak menuju terwujudnya kemandirian pakan dengan bahan baku lokal dari limbah hasil pertanian dengan harga jauh lebih murah, dan pada gilirannya dapat meningkatkan keuntungan peternak. Pakan yang diformulasi dan diproduksi adalah pakan yang mempunyai nilai nutrisi jauh lebih baik dan lebih disukai ternak (palatabel) dapat meningkatkan produksi berupa pertambahan bobot badan harian.Pemberian pakan berkualitas sesuai kebutuhan ternak serta manajemen pemeliharaan, sistem perkandangan, peralatan pendukung dan analisis usaha penggemukan dan kesehatan ternak merupakan tantangan keberhasilan bagi peternak.Analisis usaha dapat memberikan gambaran mengenai peluang usaha, modal dan keuntungan yang dapat diperoleh peternak dalam menjalankan usahanya.

Kata kunci : Pakan, fermentasi, ternak, ruminansi

 


Downloads

Download data is not yet available.

References

AOAC. 1975. Official Methods of Analysis. 12th edition. Association of Official Analytical Chemists. Washington, D.C.

Arroyo D. 2000. Gasification of Lignin from Rice Straw. University of Puerto Rico. Mayaguez Campus National Renewable Energy Laboratory Golden, Colorado. 80401.

Elizalde JC, JD Cremin Jr, DB Faulkner, and NR Merchen. 1998. Performance and digestion by steers grazing tall fescue and suplemented with energy and protein. J. Anim. Sci.76: 1691â€1701

Eun JS, KA Beauchemin, SH Hong, and MW Bauer. 2006. Exogenous enzymes added to untreated or ammoniated rice straw : Effect on in vitro fermentation characteristic and degradability. J. Anim. Sci. and Tech. 131 : 86â€101.

Eun JS. 2007. Assessment of the efficacy of varying experimental exogenous fibrolitik enzymes using in vitro fermentation characteristics. J. Anim. Sci. 132: 298â€315.

Farrel RL, JJG Molina, and JED Guierrez. 2006. Isolation and Use of Decay Fungi. US Patent & Trade Mark Office. No. 0060246570. Goering HK and PJ Van Soest. 1970. Forage Fiber Analysis, Agricultur Hand Book No. 379, Agricultural Research Service, USDA, Washington DC.

Hatakka A. 2000. Biodegration of Lignin. University of Helsinki, Viikki Biocenter, Department of Applied Chemistry dan Microbiology. Helsinki.

Orskov ER, Hovell and Mould F. 1982. The Use of The Nylon Bag Technique for The Evalution of Feedstuff. J. Trop. Animal Prod. 5: 195 – 213.

Prihartini I, Soebarinoto, S Chuzaemi dan M Winugroho. 2007. Studi Potensi Bakteri Lignolitik dalam Mendegradasi Lignin dan Organochlorin pada Peningkatan Nilai Nutrisi Jerami Padi sebagai Pakan Ternak Ruminansia. Disertasi. Pascasarjana Universitas Brawijaya. Malang

Published
2018-01-28
Section
Articles