Pendampingan UKM Produk Nasi Krawu dengan Perbaikan Proses Produksi dan Kemasan Produk untuk Meningkatkan Penjualan

  • esthi kusdarini Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Sapto Heru Yuwanto

Abstract

Nasi krawu adalah makanan khas Gresik yang banyak penggemarnya. Salah satu UKM yang memproduksi nasi krawu membutuhkan bantuan TIM PKM ITATS dalam meningkatkan penjualan. Atas dasar hal tersebut TIM PKM ITATS melakukan pendampingan bekerja sama dengan “Nasi Krawu Mang Hajiâ€. Kegiatan kerjasama ini berupaya untuk meningkatkan penjualan UKM tersebut.  “Nasi Krawu Mang Haji† berlokasi di Keputih, Sukolilo, Surabaya. UKM mengalami perkembangan yang pesat, namun tidak diimbangi oleh peningkatan kapasitas produksi.  Permasalahan utama pada UKM ini adalah kapasitas produksi yang kurang maksimal dan tidak bisa ditingkatkan, sehingga terkadang terpaksa menolak pesanan. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk meningkatkan kapasitas produksi “Nasi Krawu Mang Haji†sehingga dapat memenuhi pesanan serta tidak terjadi lagi penolakan pesanan, memperbaiki pembukuan keuangan, dan menyempurnakan kemasan produk. Pendampingan ini meliputi aspek produksi, manajemen, dan pemasaran produk. Metode yang digunakan dalam kegiatan adalah wawancara, penyempurnaan proses produksi, workshop, diskusi, dan bantuan teknis. Kegiatan ini mampu meningkatkan kapasitas produksi “Nasi Krawu Mang Haji†sampai 30% sehingga diharapkan tidak terjadi lagi penolakan pesanan. Kegiatan ini juga berhasil melatih UKM sehingga mampu membuat pembukuan keuangan sederhana untuk memudahkan perhitungan cash flow keuangan. Hasil kegiatan yang lain adalah desain kemasan produk yang lebih menarik dan komunikatif sehingga “Nasi Krawu Mang Haji†dikenal lebih luas oleh masyarakat.

  .

Kata kunci: Mang Haji, nasi krawu, pemasaran, penjualan, produksi

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bambang Gunawan, Sri Purwanti, N. N. (2018). IbM Tempe Craftsmen In Rungkut Lor, Kalirungkut District Rungkut, Surabaya City. JMP17, 3(1).

Handayani, S., Emilia, O., & Wahyuni, B. (2009). Efektivitas Metode Diskusi Kelompok Dengan Dan Tanpa Facilitator in Improving Knowledge , Attitude and Motivation of. Berita Kedokteran Masyarakat, 25(3), 133–141.

http://www.manghaji.com. (n.d.) diakses pada tanggal 8 Juli 2018.

Maria Agustini, S. S. H. (2018). Iptek bagi Masyarakat Usaha Produktif Pembuatan Petis Kupang di Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. JPM17, 3(1).

Permatasari, A. E. (2014). Penerapan Full Costing Method Melalui Penghitungan Hpp Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Pada Ukm Tahu Pak Dariyo. Jurnal Akuntansi Ekonomi Bisnis, 3(2), 58–66. Retrieved from http://mahasiswa.dinus.ac.id/docs/skripsi/jurnal/13829.pdf

Suhartini, S. Alfiah, T., & Budianto, A. (2016). Peningkatan Produktivitas pada UKM melalui Iptek Bagi Masyarakat (Studi kasus di Sentra Pengrajin Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo). PublikasiJurnal Teknik Industri, Universitas 45 Surabaya, 19(1), 15–19.

Published
2018-10-01
Section
Articles