Pengabdian Kepada Masyarakat bagi UKM Berbahan Dasar Kulit untuk Meningkatkan Peroduktivitas

  • Syamsuri Syamsuri Jurusan Teknik Mesin, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Wiwik Widyo Jurusan Arsitektur, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk membantu UKM mitra dalam
pengembangkan usahanya. Ada sebanyak 2 mitra dalam kegiatan pengabdian kepada
masyarakat kali ini. Mitra 1 sebagai pengusaha dompet kulit memasarkan produknya langsung
kepada konsumen dalam betuk enceran maupun grosir. Konsumen untuk produk Mitra 1
memasarkan dompet serta poduk lainnya di daerah malang sekitarnya baik dalam negeri
maupun luar negeri hingga ke Singapura. Sedangkan untuk Mitra 2 pemasarannya dilakukan
dengan tergantung dari pemesanan, meskipun demikian produk mitra 2 telah sampai ke Timor
Leste dan China. Proses pengerjaan yang masih konvensional yaitu sebagian besar proses
dilakukan secara manual mengandalkan ketrampilan para pekerja, hal tersebut menjadi
penghambat Mitra untuk dapat mengembangkan usahanya. Akses menuju pemasaran ekspor
cenderung agak sulit sehingga pengiriman untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Luar
Negeri menjadi terhambat. Minimnya pendidikan dan kemampuan pekerja juga menjadi
kendala serius bagi Mitra. Melihat permasalahan yang dialami oleh Mitra, maka Tim
Pelaksana pengabdian kepada masyarakat dengan mitra bekerja sama dengan pengusaha produk
kerajian kulit membuat program yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas Mitra agar
berpotensi ekspor lebih tinggi serta untuk dapat menciptakan kemandirian Mitra dan
meningkatkan daya saing pada industri sejenis. Dari hasil pengamatan di lapangan dan
wawancara langsung dengan Mitra, terdapat tiga aspek yang menjadi fokus pada program
pengabdian kepada masyarakat ini yaitu produksi, produk dan pemasaran.
Pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat diharapkan dapat membantu Mitra
dalam meningkatkan dan mengembangkan usaha baik secara kualitas maupun kuantitas agar
dapat meningkatkan pemenuhan permintaan dari konsumen serta memperkenalkan usaha
kerajinan berbahan dasar kulit kepada masyarakat mancanegara. Sehingga tujuan untuk
membantu meningkatkan pemasaran produk ekspor terpenuhi.
Kata Kunci: kerajinan produk kulit, produksi, dan pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carcano, E. and Portioli, S., (2014).

Integrating Inspection-Policy Design

in Assembly- Line Balancing.

International Journal of Production

Research. 44(18-19), pp. 4081–4103.

Ginting, R., (2007). Sistem Produksi.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Grzechca, W., (2011). Cycle Time in

Assembly Line Balancing Problem.

Journal of Industrial Engineering.

, pp. 171–174.

Nasution, A. H., (2009). Perencanaan dan

Pengendalian Produksi, Institut

Teknologi Sepuluh Nopember

Surabaya.

Published
2018-09-30
Section
Articles