Dampak Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Usaha Terhadap Kinerja Pada Kelompok Usaha Camilan Khas Gresik

  • Rr. Iramani STIE Perbanas Surabaya
  • Tatik Suryani STIE Perbanas Surabaya
  • Mochamad Nurhadi STIE Perbanas Surabaya

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan pengelola camilan khas Gresik.

Pelatihan yang diberikan meliputi penentuan harga pokok produk, SOP pembuatan dan pengemasan produk serta pemasaran. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan. Target peserta dari kegiatan ini adalah rumah tangga penghasil camilan khas Gresik pada sentra opak jepit berlokasi di desa Kedung Rukem.

Hasilyang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan pengelola opak jepit yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kinerja usaha opak jepit.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rr. Iramani, STIE Perbanas Surabaya
MANAJEMEN

References

Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat.2016. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi. Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi

Harmaizar, dkk. 2006. Menggali Potensi Wirausaha. Bandung: CV. Dian Anugerah Prakasa

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Iramani, Tatik Suryani, Nurul Hanah Uswati Dewi. 2017. “Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Opak Jepitâ€. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM 17).Vol 3 (1). Pp 29-33

Lutfi dan Iramani, 2008. Financial Letaracy Among University Students and Its Implication To The Teaching Method. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi Ventura. Vol.11. No.3,Pp : 401-407

Wawancara Pribadi dengan Bapak Kusnadi (Ketua RT.03/Ketua Kelompok Pengelola Opak Jepit Kedung Rukem Gresik. 21 April 2017.

Published
2019-10-08
Section
Articles