PEMBINAAN LITERASI DAN BAHASA SANTUN MELALUI TUJUH PILAR BUDAYA CIANJUR

  • Siti Maryam
  • M. Abdillah Al Mauludi
  • M. Dani Martiadi
  • Fikky Baskoro
  • Abdulkholiq Miftahulfalah
  • Cep Muhamad Munawar

Abstract

Penggunaan bahasa tidak santun telah menimbulkan konflik sosial bahkan sampai masuk ke ranah hukum. Meskipun peristiwa itu terjadi di kalangan remaja dan dewasa, namun menyediakan payung sebelum hujan akan lebih baik. Alasan itulah yang melatarbelakangi kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pembinaan literasi dan bahasa santun di Sekolah Dasar Islamic Center Cianjur. Kegiatan ini diawali dengan observasi penggunaan bahasa siswa di luar dan di dalam kelas. Hasil observasi menunjukkan bahwa para siswa masih belum sepenuhnya berbahasa dan berperilaku santun sehingga pembinaan bahasa santun ini mengaitkannya dengan tujuh pilar budaya Cianjur, karena pilar  Ngaos (mengaji/membaca/literasi) dan, Someah (santun) erat kaitannya dengan kajian Program Studi Pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode simulasi dan bermain peran digunakan dalam kegiatan ini. Hasilnya para siswa dapat menggunakan bahasa Indonesia  santun sehingga menambah pengguna bahasa Indonesia santun, baik di dalam kelas maupun di luar kelas meskipun masih terjadi campur kode, antara bahasa Indonesia dengan bahasa Sunda. Meskipun begitu, penggunaan  bahasa siswa tetap santun.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Maryam
PBSI FKIP Universitas Suryakancana
M. Abdillah Al Mauludi
PBSI FKIP Universitas Suryakancana
M. Dani Martiadi
PBSI FKIP Universitas Suryakancana
Fikky Baskoro
PBSI FKIP Universitas Suryakancana
Abdulkholiq Miftahulfalah
PBSI FKIP Universitas Suryakancana
Cep Muhamad Munawar
PBSI FKIP Universitas Suryakancana

References

Anggraeni, Apriani, Permana, Pengaruh Tayangan Upin dan Ipin terhadap Gaya Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. (2018). Semantik, 7 (1), 99-106.

Bauving, Joost. (2018). Contacts in a box: Cell phones, social relations, and field

research in Africa. African Studies. https://doi.org/

Donne, John dalam www.gurteen.com/gurteen/gurteen.nsf/id/L001092/

Forum Diskusi Tenaga Penyuluh Kebahasaan dan Kesastraan dan Lokakarya Eksternal Pedoman Sertifikasi Ahli Bahasa, di Jakarta, (11/7/2018)

Jazeri, Mohamad, dkk. (2018).Hambatan dan Harapan Pemartabatan Bahasa Indonesia Mohamad Jazeria dan Siti Zumrotul Maulidaa. Indonesian Language Education and Literature. 4 (1). 52-61.

Lotz, John. (1964). On Language and Culture. In Hymes, D. Language in Culture and Society. (pp.182-184). New York: A Harper International Edition.

Moeliono, Anton M. (1985). Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Djambatan.

Nurwardani, Paristiyanti, dkk. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Reeve, David. (2012). Teaching Culture through Language. In Maryam dan Hermawan. Nilai Budaya sebagai Basis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Internasional II Language, Literature, and Culture. Universitas Suryakancana. (Hlm1-22). Bandung: Celtics Press.

MP4. Tujuh Pilar Budaya Kabupaten Cianjur. InfoCianjur

Published
2020-01-10
Section
Articles