STRATEGI PEGADAIAN SYARIAH UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DALAM PERSAINGAN USAHA SIMPAN PINJAM PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH SURABAYA

  • Achmad Daengs GS Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya
  • Deviana Amanda Putri Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya

Abstract

Melalui PT. Pegadaian Syariah ini merupakan salah satu cara mudah untuk mendapatkan pinjaman dana yang kita butuhkan. Dana tersebut bisa dimulai dari pinjaman rendah dengan agunan seperti emas dan dana yang besar seperti sertifikat tanah. Sedangkan kebutuhan masyarakat tidak hanya berupa uang. Tetapi banyak hal yang mereka butuhkan seperti pemenuhan beribadah Haji, untuk tabungan emas, kredit motor serta pemenuhan kebutuhan yang lain seperti untuk pembayaran-pembayaran ke instansi yang lain. Seperti BPJS, Listrik, Pulsa, dan lain-lain. Sebenarnya hampir semua badan usaha diatas bisa melakukan pemenuhan kebutuhan konsumen, akan tetapi saya lebih tertarik pada badan usaha yang berbentuk konvensional tersebut yang telah lama berdiri dan bertahan dalam persaingan bisnis simpan pinjam yaitu pada PT. Pegadaian Syariah. Karena didorong rasa penasaran yang sangat besar bagaimana cara bertahan PT. Pegadaian Syariah dalam persaingan usaha simpan pinjam inilah yang akhirnya membawa saya masuk dalam penelitian ini.

Kata kunci: Strategi, Mempertahankan, Eksistensi, Persaingan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatimah. 2004. Perusahaan dan Organisasi, Bandung: Aksara Utama

Febrina, Suzan Fhelda, Daengs GS, Achmad. 2017. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Alat Kesehatan di UD. Putra Pratama Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat JPM 17, LPPM Untag, Vol. 2 No. 2, Page : 14-23.

Flippo, Edwin B. 1995. Manajemen Personalia, Jakarta: PT. Erlangga, Index.php/maliyah/article/download/367/317/, tanggal 17 Juni 2017. Indonesia Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Kasus di Kranggan Prajurit Kulon Mojokerto)”. Jurnal Maliyah, Vol 05, No. 01 (2015). Diakses melalui situs: http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/

Kaihatu, Thomas S, Daengs GS, Achmad, Tinus, Agoes. 2015. Manajemen Komplain, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta, Hal. 1-156.

Kotler, Philip dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 12, PT. Index Jakarta.

Nur Kartika Sari, “ Tinjauan Hukum Islam Terhadap Arisan Bersyarat (Studi pegadaian-arrum.php, tanggal 15 Agustus 2017. Perbankan Syari’ah, Jakarta: Salemba Empat, 2017.

PT. Pegadaian (Persero). 2014. Laporan Tahunan: Tumbuh dan Berkembang Bersama Rakyat, Jakarta: Pegadaian

Rizal Yahya, Aji Erlangga Martawireja dan Ahim Abdurahim, Akuntansi

Simanjutak, Payaman J. 1985. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia,

Syafrianto. 2000. Pengertian Stres dan Emosi, Bandung: Graha Perkasa

www.pegadaian.co.id, Arrum, Diakses melalui situs: http://www.pegadaian.co.id/

Stanton, William J. 2012. Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa : Johannes Lamarto, Penerbit : Airlangga, Jakarta.

Zuhroh, Diana, Daengs GS, Achmad. 2018. Performance of Active Customers Number PT. Pegadaian Indonesia Periode 2011 - 2016, Jurnal MIMBAR Universita Islam Bandung, Vol. 34 No. 2, Hal. 397-405.

Zuhroh, Diana, Daengs GS, Achmad, et al. 2019. The Effect of Business Sphere on Competitive Advantage and Business Performance of SMEs, Management Science Letters Vol. 9 No. 8 Growing Science Canada, Page : 1153-1160.

Published
2020-09-06
Section
Articles