PROGRAM PENGEMBANGAN PEMASARAN UMKM DI DESA KEDUNGREJO, KECAMATAN JABON MELALUI MEDIA SOSIAL
Abstract
Media sosial adalah alat atau sarana yang dapat diakses oleh semua orang tanpa adanya batasan waktu dan jarak selama terdapat jaringan internet. Adanya media sosial yang mempunyai akses luas, mudah, dan cepat hal ini dimanfaatkan oleh para pengusaha kecil UMKM untuk lebih berani mempromosikan produk-produknya sebagai media pemasaran yang efektif dan efisien. Pesatnya perkembangan UMKM membuat pemanfaatan media sosial juga semakin tinggi. Keberadaan UMKM diharapkan mampu memperluas lapangan kerja, mempercepat proses pemerataan ekonomi, peningkatan pendapatan masyarakat, dan mendorong mewujudkan stabilitas nasional. Pemanfaatan media sosial diharapkan mampu menambah jangkauan pemasaran usaha UMKM. Dengan adanya program Kuliah kerja Nyata Tematik diharapkan kegiatan penyuluhan dan pelatihan tentang pengembangan pemasaran UMKM di Desa Kedung Rejo melalui media sosial dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya media sosial dalam mengembangkan bisnis sekaligus mengikuti perkembangan zaman dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Kata Kunci : UMKM, media sosial, penyuluhan,pelatihanDownloads
References
Abadi, R. R., Nursyamsi, I., & Syamsudin,
A. R. (2020). Effect of CustomerValue and Experiential Marketing to Customer Loyalty with Customer Satisfaction as Intervening
Variabble The Asian Journal of Technology Management, 13 (1),
-97.
Arif Ardiyanto. 2018. Analisis Penggunaan Media Sosial dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) di Desa Kemasan Kecamatan Sawit Kabupaten
Boyolali [skripsi] Surakarta (ID): Insitut Agama Islam Negeri
Surakarta
Ahyuna, “ Pemanfaatan Internet Sebagai
Media Promosi Pemasaran Produk
Lokal oleh Kalangan Usaha di Kota
Makassar”, vol 2. no. 1, 2013
Amaliyah, Enny Istanti, Achmad Daengs
GS. (2020). Work Productivity
Through Compensation,
Experience And Welfare Benefits
PT. Summit Oto Finance Surabaya.
Jurnal SINERGI Vol. 10 No. 2.
Page 37-40.
Enny Istanti, D. Z. (n.d.). MEWUJUDKAN
DESA MANDIRI UNTUK
MENGEMBANGKAN BADAN
USAHA MILIK DESA. Jurnal
Pengabdian LPPM Untag
Surabaya, 05(02), 137–141.
http://jurnal.untagsby.ac.id/index.php/jpm17
Enny Istanti, S. (2020).
PEMBERDAYAAN
MASYARAKAT DI DESA
TANJUNGAN KEC. DRIYOREJO
KAB. GRESIK MELALUI
PEMANFAATAN TEKNOLOGI
INFORMASI DAN BUDIDAYA
TOGA. Jurnal BUDIMAS, 02(02),
–88. https://jurnal.stieaas.ac.id/index.php/JAIM/article/view
/82-88/749
Endah Prawesti Ningrum, Tutiek
Yoganingsih, Nurul Ratriningtyas,
Widi Winarso, N. W. S. (2019).
Pelatihan Pembukuan Sederhana,
Sosialisasi Perpajakan dan
Pengelolaan Manajemen Bagi UMKM
Ibu-Ibu Catering Perumahan
Jatimulya RW. 012. JURNAL
ABDIMAS UBJ, 02(02), 126–130.
https://jurnal.ubharajaya.ac.id/index.p
hp/jabdimas/article/view/126 -
Indriati3), S. E. W. S. (2017). KEMASAN
PRODUK SEBAGAI STRATEGI
PEMASARAN KERUPUK
RAMBAK “MIRASA” DI DESA
DUKUHTURI, KEC. BUMIAYU,
KAB. BREBES. JOURNAL UMPO.
Istanti, E. (2020). Pemberdayaan
masyarakat dalam pengelolaan
sampah plastik bernilai jual.
JOURNAL COMMUNITY
DEVELOPMENT AND SOCIETY,
(1), 10–22.
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.p
hp/pengabdian/article/view/2411/1102
K. Srirejeki. (2016). Analisis Manfaat
Media Sosial dalam Pemberdayaan
Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM). 7(1).
M. Faqih, H, M. L., Ulum, M., H, M. T.,
Rozak, A., M, N. A., B, F. L.,
Suryaningsih, S., K, S. L., &
Wulandari, F. E. (2019).
Meningkatkan Pemasaran Produk Para
Pelaku UMKM di Pedukuhan
Ngaseman melalui Program Kerja
Pengenalan dan Penyuluhan Digital
Marketing Sistem. Prosiding
Konferensi Pengabdian Masyarakat,
, 425–427.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S.
(2017). Pemanfaatan Digital
Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil,
Dan Menengah (UMKM) Di
Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat
Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.0
Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan
Media Sosial Pada Usaha Kecil
Menengah, dalam Jurnal Seminar
Nasional Sistem Informasi Indonesia.
Ruchan Sanusi, E. I. (2020). Pengolahan
sampah melalui bank sampah guna
meningkatkan nilai ekonomi
masyarakat. Journal Community
Development and Society, 2(2).
https://doi.org/10.25139/cds.v2i2.299
Tandi Bua, P., Theodorus, K., & DaengsGS, A. (2020). The Aftermath of
Work Environment, Communication adn Leadership on Performance of
Employees in Tarakan City Education
Office. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen JMM 17, Magister
Manajemen Untag Surabaya, 7(1). 25-
Victor Marudut Mulia Siregar, “Perancangan Website Sebagai
Media Promosi dan Penjualan”, vol
no. 1, 2018
COPYRIGHT NOTICE
The copyright in this website and the material on this website (including without limitation the text, computer code, artwork, photographs, images, music, audio material, video material and audio-visual material on this website) is owned by PM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat and its licensors.
Copyright license
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat grants to you a worldwide non-exclusive royalty-free revocable license to:
- View this website and the material on this website on a computer or mobile device via a web browser;
- Copy and store this website and the material on this website in your web browser cache memory; and
- Print pages from this website for your
- All articles published by PM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat are licensed under the creative commons attribution 4.0 international license. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat does not grant you any other rights in relation to this website or the material on this website. In other words, all other rights are reserved.
For the avoidance of doubt, you must not adapt, edit, change, transform, publish, republish, distribute, redistribute, broadcast, rebroadcast or show or play in public this website or the material on this website (in any form or media) without appropriately and conspicuously citing the original work and source or JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat prior written permission.
Permissions
You may request permission to use the copyright materials on this website by writing to compliance@academicjournals.org.
Enforcement of copyright
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat takes the protection of its copyright very seriously.
If JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat discovers that you have used its copyright materials in contravention of the license above, JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat may bring legal proceedings against you seeking monetary damages and an injunction to stop you using those materials. You could also be ordered to pay legal costs.
If you become aware of any use of ACADEMIC JOURNALS' copyright materials that contravenes or may contravene the license above, please report this by email to compliance@academicjournals.org.
Infringing material
If you become aware of any material on the website that you believe infringes your or any other person's copyright, please report this by email to jpm17@untag-sby.ac.id
target="_blank"