PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP SISWA PKBM BANGUN BANGSA KOTA SEMARANG BERBASIS IT-PRENEURSHIP

  • Susetyo Darmanto Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Djoko Darmawan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Bukirom Bukirom Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Abstract

Warga masyarakat yang menuntut ilmu sebagai siswa program kesetaraan Kejar Paket C di PKBM Bangun Bangsa perlu mendapatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi informasi. Namun keterbatasan sumber daya manusia, menjadikan program pelatihan kecakapan hidup tersebut tidak dapat dijalankan.  Menjawab persoalan tersebut, tim pengabdian masyarakat Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang menyelenggarakan  pelatihan keterampilan praktis di bidang teknologi seni kreasi grafis digital, sebagai bekal berwiraswasta setelah menyelesaikan pendidikan. Tujuan kegiatan ini selain kemampuan hard skill yang berupa keterampilan membuat berbagai produk kreasi dari digital, juga memberikan kemampuan soft skill berupa pengetahuan tentang dunia wirausaha (IT-preneurship), sikap optimis dalam menghadapi hari esok dan sikap untuk tidak mudah menyerah. Metode pelaksanaan program meliputi: penyusunan diktat pelajaran, ceramah kewirausahaan, penyampaian teori, dan  praktek keterampilan pembuatan kreasi desain grafis digital. Hasil yang telah dicapai adalah peserta pelatihan memiliki keterampilan mengoperasikan program CorelDraw dan Adobe Photosop, serta menghasilkan berbagai kreasi produk desain grafis.

 

Kata Kunci: Pelatihan Desain Grafis, IT-Preneurship, PKBM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almaidah, S. 2017. Analisis Efektivitas Kinerja Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Menyelenggarakan Program Pendidikan Berbasis Masyarakat. Media Ekonomi dan Manajemen, 32(2), 162-177.

Hadi, S. 2012. Evaluasi implementasi kurikulum berbasis kompetensi pada lembaga kursus dan pelatihan (LKP) program otomotif DIY. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 267-283.

Hidayat, D. 2017. Pengelolaan pembelajaran berbasis kewirausahaan masyarakat program kejar paket C. Journal of Nonformal Education, 3(1), 1-10.

Ismail, E., Samsudi, Widjanarko, D., Joyce, P., & Stearns, R. 2018. Implementation effect of productive 4-stage field orientation on the student technopreneur skill in vocational schools. Paper presented at the AIP Conference Proceedings.

Marti’ah, S. 2017. Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dalam Perspektif Ilmu Pendidikan. Edutic-Scientific Journal of Informatics Education, 3(2), 75-82.

Oetomo, B. S. D., & Santoso, S. 2016. Faktor-faktor Pembentuk Minat Menjadi It-preneur Di Kalangan Siswa SMA Sederajat. Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains, 9(1), 38-47.

Soleh, T. A., & Raharjo, T. J. 2018. Implementasi Pelatihan Pengelasan Warga Belajar Kejar Paket C di UPTD SKB Susukan Kabupaten Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 3(2), 184-192.

Sudarsih, E. 2013. Pendidikan Technopreneurship: Meningkatkan Daya Inovasi Mahasiswa Teknik dalam Berbisnis. Paper presented at the Proceeding Seminar Nasional “Inovasi dan Technopreneurship” IPB.

Published
2021-01-06
Section
Articles