PSIKOEDUKASI “WAWASAN KEBANGSAAN” UNTUK MENURUNKAN POTENSI RADIKALISME PADA MAHASISWA

  • Eko April Ariyanto Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sayidah Aulia Ul Haque Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hikmah Husniyah Farhanindya Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dheny Jatmiko

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan psikoedukasi melalui pelatihan kepada pemuda yang termasuk kedalam kelompok program MBKM Pertukaran Mahasiswa Merdeka, mahasiswa yang terlibat dalam organisasi kemahasiswaan di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan juga para remaja yang menjadi mitra di kegiatan Matching Fund Desa Minggirasari, Kabupaten Blitar. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu ceramah, diskusi dan games dengan maksud dapat mengembangkan wawasan kebangsaan berdasaarkan landasan dasar filosofis pada para mahasiswa dan para remaja. Hasil yang dicapai dari pengabdian ini menunjukkan ada perbedaan wawasan peningkatan dan kesadaran berbangsa. Pelaksanaan psikoedukasi wawasan kebangsaan dapat efektif meningkatkan pengetahuan peserta, hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dengan uji paired sample T-test diperoleh nilai t sebesar -18,047 dengan taraf signifikan antara hasil taraf signifikasi 0,000 (p<0,01). Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan wawasan kebangsaan. Hal tersebut, menunjukkan bahwa pelatihan wawasan kebeangsaan pada mahasiswa inbond kegiatan modul Nusantara di kampus, anggota Badan Eksekutif Mahasiswa, anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa, mahasiswa pertukaran pelajar, serta remaja karang taruna desa Minggirsari, kabupaten Blitar memberikan pengaruh yang bermakna pada pemahaman partisipan.

Kata Kunci : MBKM, Wawasan Kebangsaan, Desa Minggirsari

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ancok, D. (2008). Ketidakadilan Sebagai Sumber Radikalisme dalam Agama: Suatu Analisis Berbasis Teori Keadilan dalam Pendekatan Psikologi. Jurnal Psikologi Indonesia 2008, No. 1, 1-8, ISSN. 0853-3098

Ariyanto, E. A., Haque, S. A. U., & Syafii, A. R. (2019). Efektivitas Psikoedukasi Wawasan Kebangsaan untuk Menurunkan Kecenderungan Radikalisme pada Mahasiswa. Philanthropy: Journal of Psychology, 3(2), 89-97.

Cross, R. (2013). Radicalism. dalam Snow, D., della Porta, D., Klandermans, B., dan McAdam, D. (eds.). The Wiley-Blackwell Encyclopedia of Social and Political Movements. doi: 10.1002/9781405198431.wbespm175.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia ed. III. Jakarta: Balai Pustaka.

Endang Turmudi, Riza Sihbudi. (2005). Islam dan Radikalisme di Indonesia. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Saifuddin, (2011). Radikalisme Islam di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Studi Keislaman.

Taylor, D. C. M., & Hamdy, H. (2013). Adult learning theories: Implications for learning and teaching in medical education: AMEE Guide No. 83. Medical Teacher,35(11), e1561–e1572. https://doi.org/10.3109/0142159X.2013.82815

Published
2021-12-30
Section
Articles