Intervensi Peningkatan Perilaku Prososial dalam Upaya Menurunkan Perundungan

  • putri miftahul jannah fakultas psikologi universitas indonesia
Keywords: Empati, Komunikasi, Prososial, Regulasi Emosi, Self Efficacy

Abstract

Perundungan merupakan isu utama yang menjadi masalah di SMA XYZ sehingga menyebabkan siswa merasa tertekan secara psikologis dan merasa tidak nyaman di sekolah. Dari studi literatur diketahui bahwa semakin positif hubungan antar siswa, yang ditandai dengan tingginya tingkat perilaku prososial, tingkat kejadian perundungan akan semakin rendah. Sebelum intervensi dilakukan, peneliti melakukan studi baseline di SMA XYZ.  Berdasarkan studi baseline tersebut, diketahui bahwa beberapa siswa memiliki kemauan untuk mengubah tradisi perundungan dan menginginkan hubungan yang lebih positif di sekolah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan perilaku prososial siswa pada kelompok intervensi, agar terbentuk hubungan yang positif di sekolah. Partisipan pada kelompok intervensi adalah pengurus OSIS, yang terdiri dari 10 siswa kelas X dan 10 siswa kelas XI. Perimbangan pemilihan pengurus OSIS adalah karena mereka dapat menjadi agent of change di SMA XYZ. Intervensi dirancang dengan memodifikasi program CEPIDEA (Caprara et al., 2014), yaitu dengan memberikan pelatihan keterampilan regulasi emosi, empati dan komunikasi serta penguatan perilaku melalui teknik persuasi media sosial pada siswa. Indikator keberhasilan intervensi ini adalah meningkatnya perilaku prososial siswa secara signifikan. Hasil pengukuran wilcoxon signed rank test menunjukkan terdapat peningkatan secara signifikan pada skor keterampilan regulasi emosi, empati,  komunikasi, self efficacy dan perilaku prososial siswa. Implikasi penelitian intervensi ini dibahas dalam artikel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvi, M. (2016). A manual for selecting sampling techniques in research. Diambil dari https://mpra.ub.uni-muenchen.de/70218/1/MPRA_paper_70218.pdf

Ardiyansyah, A., & Gusniarti, U. (2009). Faktor-faktor yang mempengaruhi bullying pada remaja. Diakses dari http://psychology.uii.ac.id/images/stories/jadwal_kuliah/naskah-publikasi-04320362.pdf

Bandura, A. (Ed.). (1997). Self-efficacy in changing societies. Cambridge university press.

Beard, K., Colvin, G., Tobin, T., Hagan, S., & Sprague, J. (1998). The school bully: Assessing the problem, developing interventions, and future research directions. Journal of Behavioral Education, 8(3), 293-319.

Biglan, A., Flay, B. R., Embry, D. D., & Sandler, I. (2012). Nurturing environments and the next generation of prevention research and practice. American Psychologist, 67, 257-271.

Bostrom, R., Humphreys, R., & Roloff, M. (2009). Communication and helping behavior: The effects of information, reinforcement, and sex on helping responses. Communication Quarterly, 29(3), 147-155. doi: 10.1080/01463378109369400

Caprara, G. V., Alessandri, G., & Eisenberg, N. (2012). Prosociality: The contribution of traits, values, and self-efficacy beliefs. Journal of personality and social psychology, 102(6), 1289.

Caprara, G., Kanacri, B., Gerbino, M., Zuffianò, A., Alessandri, G., & Vecchio, G. et al. (2014). Positive effects of promoting prosocial behavior in early adolescence. International Journal Of Behavioral Development, 38(4), 386-396. doi: 10.1177/0165025414531464

Caprara, G., Luengo Kanacri, B., Zuffianò, A., Gerbino, M., & Pastorelli, C. (2015). Why and How to Promote Adolescents’ Prosocial Behaviors: Direct, Mediated and Moderated Effects of the CEPIDEA School-Based Program. Journal Of Youth And Adolescence, 44(12), 2211-2229. doi: 10.1007/s10964-015-0293-1

Carty, S. (2014). Promoting Prosocial Behavior to Prevent Aggression and Bullying in Middle Schools: An environment, person, and behavior-focused intervention. Virginia.

Codecasa, E., Mensini, E., Benelli, B., & Cowie, H. (2003). Enhancing children’s responsibility to take action against bullying: Evaluation of a befriending intervention in Italian middle schools. Aggressive Behavior, 29, 1–14.

Cowie, H., & Olafsson, R. (2000). The role of peer support in helping the victims of bullying in a school with high levels of aggression. School Psychology International, 21, 79–94.

Davis, M. H. (1980). A multidimensional approach to individual differences in empathy. Diambil dari https://www.uv.es/friasnav/Davis_1980.pdf

Djuwita, R., & Royanto, L. R. M. (2008). Peranan faktor personal dan situasional terhadap perilaku bullying di tiga kota besar di Indonesia. Unpublished manuscript. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Depok, Indonesia.

Djuwita, R. (2017). Dilema Saksi Perundungan: Membela Korban atau Mendukung Pelaku? Peranan Orientasi Nilai, Kebahagiaan Psikologis, dan Keyakinan Efikasi dalam Perilaku Menolong Saksi Perundungan (Ph.D). Universitas Indonesia.

Eisenberg, N., Fabes. R.A., & Spinrad, T.L. (2006). Prosocial behavior. In W. Damon, R.M. Lerner (series ed.) and N. Eisenberg (volume ed.), Handbook of child psychology: Vol. 3. Social, emotional, and personality development, 6th ed., (pp. 646–718). New York: Wiley.

Fox, C. L., & Boulton, M. J. (2003). Evaluating the effect of a social skills training (SST) programme for victims of bullying. Educational Research, 45, 231–247.

Gini, G., Albiero, P., Benelli, B., & Altoe, G. (2008). Determinants of adolescents' active defending and passive bystanding behavior in bullying. Journal of Adolescence, 31(1), 93-105. doi:10.1016/j.adolescence.2007.05.002

Greeff, P., & Grobler, A. A. (2008). Bullying during the intermediate school phase: A South African study. Childhood, 15, 127–144.

Gross, J. J., & John, O. P. (2003). Individual differences in two emotion regulation processes: implications for affect, relationships, and well-being. Journal of personality and social psychology, 85(2), 348.

Indrawan, A. (2017). KPAI Terima Aduan 26 Ribu Kasus Bully Selama 2011-2017. detiknews. Retrieved 20 December 2017, from https://news.detik.com/berita/d-3670079/kpai-terima-aduan-26-ribu-kasus-bully-selama-2011-2017

Lynn Hawkins, D., Pepler, D. J., & Craig, W. M. (2001). Naturalistic observations of peer interventions in bullying. Social development, 10(4), 512-527.

Mangunsong, F. M., Djuwita, R., Royanto, L. R. M., & Pohan, L. D. (2014). Peranan persepsi dan psychological well-being bystander siswa dan non siswa terhadap perilaku membantu korban dalam kejadian bullying di sekolah. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. Depok.Olweus, D. (1993). Bullying at School. New York, NY: John Wiley & Sons.

Oliveros, M., Figueroa, L., & Mayorga, G. (2009). Intimidacion en colegios estatales de secundaria del Peru’ [Bullying in state high schools in Perù]. Revista Peruana de Pediatría, 62, 68–78.

Olweus, D. (1993). Bullying at School. New York, NY: John Wiley & Sons.

Puggina, A. C., & Silva, M. J. P. D. (2014). Interpersonal Communication Competence Scale: Brazilian translation, validation and cultural adaptation. Acta Paulista de Enfermagem, 27(2), 108-114.

Riauskina, I. I., Djuwita, R., & Soesetio, S. R. (2005). "Gencet-gencetan‖ di Mata Siswi/Siswa Kelas I SMA: Naskah Kognitif tentang Arti, Skenario, dan Dampak ―Gencet-gencetan". Jurnal Psikologi Sosial, 12, 3-13.

Rigby, K. (2010). Bullying interventions in schools: Six basic approaches. Aust Council for Ed Research.

Setyawan, D. (2014). KPAI : Kasus Bullying dan Pendidikan Karakter. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Retrieved 25 December 2017, from http://www.kpai.go.id/berita/kpai-kasus-bullying-dan-pendidikan-karakter/

Sittichai, R., & Smith, P. K. (2015). Bullying in south-east Asian countries: A review. Aggression and Violent Behavior, 23, 22–35.

Smith, P. K., Robinson, S., & Marchi, B. (2016). Cross-national data on victims of bullying: What is really being measured?. International Journal of Developmental Science, 10, 9–19.

Smith, J. D., Schneider, B. H., Smith, P. K., & Ananiadou, K. (2004). The effectiveness of whole-school antibullying programs: A synthesis of evaluation research. School psychology review, 33(4), 547-560.

Vaillancourt, T., Swearer, S. M., Espelage, D. L.,., & Hymel, S. (2010). What can be done about school bullying?: Linking research to educational practice. Educational Researcher, 39(1), 38–47.

Wedhaswary, I. D. (2011). “Bullying†Masih Jadi Momok. Diakses dari http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/23/09443360/Bullying.Masih.Jadi.Momok

Published
2018-07-18
Section
Articles