TRASI (Training Motivasi) Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa-Siswi MTs (Madrasah Tranawiyah)

  • Arina - Salsabiela Islamic University of Indonesia
  • Bayti - Atieq Islamic University of Indonesia
  • Annisa Amalia Husna Islamic University of Indonesia
  • Anissa Nurwakhid Utami Islamic University of Indonesia
  • Nanda Nurullah Qurrotaa'yun Islamic University of Indonesia
  • Hazhira - Qudsyi Islamic University of Indonesia
Keywords: Kata kunci, Pondok Pesantren, Prokrastinasi, Siswa MTs, Training Motivasi

Abstract

Siswa MTs di Pondok Pesantren cenderung melakukan prokrastinasi akademik yaitu perilaku yang cenderung menunda-nunda untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan tugas akademik. Untuk mengatasi hal tersebut maka training motivasi dirancang untuk dapat menurunkan prokrastinasi akademik pada siswa dan siswi MTs. Subjek penelitian ini adalah siswa dan siswi MTs di Pondok Pesantren X Yogyakarta yang diberi pelatihan  berupa training motivasi dengan menggunakan desain pretest-posttest control group design. Hasil uji hipotesis dengan teknik Anava Mixed Design penelitian menunjukkan nilai p=0,356 (p>0,05) yang berarti tidak ada pengaruh Training Motivasi terhadap penurunan prokrastinasi akademik siswa MTs di Pondok Pesantren X, sehingga hipotesis tidak diterima.

 


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ermida & Apsari, F. Y. (2012). Pelatihan SAT (self-regulated, assertiveness, time management) dan prokrastinasi akademik pada siswa SMA. Experientia Indonesia: Jurnal psikologi Indonesia 1(1), 39-47.

Gage, N. L., Berliner, D. C. (2011). Educational psychology (5th ed). Boston: Houghton Mifflin Company.

Hurlock, E. 1993. Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). (2012). Dokumen kurikulum 2013. Diunduh dari http://kangmartho.com pada 9 Juli 2018.

Kirana, A., Sahrani, R., Hastuti, R. (2016). Intervensi pelatihan self-regulated dalam mereduksi prokrastinasi akademik siswa (Studi pada siswa SMPN “X†di Jakarta Barat). Jurnal Psikologi Pendidikan , 7(1), 20-36.

Knaus, W. J. (2010). Procrastination now! get it done with a proven psychological approach. New York: McGraw-Hill Companies, inc.

McClelland, D. C. (1987). Human motivation. New York: Cambrige University Press.

Munawaroh, M. L., Alhadi, S., Saputra, W. N. E. (2017). Tingkat prokrastinasi akademik siswa sekolah menengah pertama muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling , 2 (1), 26-31.

Nitami, M., Daharnis., Yusri. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik siswa. Jurnal Konselor , 4(1), 1-12.

Nugraha, R. A. (2011). Pengaruh pelatihan kecerdasan adversitas terhadap motivasi berprestasi pada siswa kelas X di SMA N Surakarta. Surakarta: UNS.

Nurhayati. (2008). Studi perbandingan sampling antara simple random dengan stratified random. Jurnal basis data, ICT Research Center UNAS. 3(1), 18-32.

Premadyasari, D. (2012). Prokrastinasi dan task aversiveness tugas makalah pada mahasiswa fakultas psikologi universiats Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1(1).

Ramadhan, R. P., Winata, H. (2016). Prokrastinasi akademik menurunkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 163-169.

Santrock, J. W. (2001). Adolescene (8th ed). North America: Mc Graw-Hill.

Sasongko, J.W. (2005). Pengaruh faktor-faktor pembelajaran terhadap manfaat pelatihan ditinjau dari perspektif peserta pelatihan. Anima. Indonesian psychological Journal. 20(3), 253-269.

Tanszhil, S.W. (2014). Model pembinaan pendidikan karakter pada lingkungan pondok pesantren dalam membangun kemandirian dan disiplin Santri. Jurnal Nasional , 1(2), 1-18.

Published
2018-12-29
Section
Articles