Profiling bakat menggunakan Employee Aptitude Survey (EAS): Dapatkah menjadi prediktor Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)?

  • Dian Ekawati Universitas Ahmad Dahlan
  • Dian Kinayung Universitas Ahmad Dahlan
  • Herlina Siwi Widiana Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: university student, Employee Aptitude Survey (EAS), GPA

Abstract

Abstract

Grade Point Average (GPA) the cumulative value achieved by a university student, is one of the criteria in job selection. However, not all students get the minimum GPA threshold required. Aptitude is a factor that may predict the GPA. The aim of this study is to examine aptitude as a predictor of GPA in university students. The hypothesis is aptitudes in the Employee Aptitude Survey (EAS) are able to predict students’ Grade Point Average (GPA). The research participants were 380 university students chosen by incidental sampling. The EAS was used to measure aptitude, with the reliability of each subtest that was adequate and met the validity index based on confirmatory analysis. GPA was known from a self-report questionnaire. The analysis was performed using Kendall's Tau statistical analysis technique. In general, speed and visual accuracy aptitude is the only aptitude measured with EAS that is unable to predict GPA. There were different aptitude profiles between students majoring in natural and social sciences. Based on the results, nine subtests in the EAS that significantly predict GPA may be used in selecting new students in the university.

Keywords: Employee Aptitude Survey (EAS); GPA; university student.

 

Abstrak

Indeks Prestasi Komulatif (IPK) yang merupakan nilai kumulatif yang dicapai oleh setiap mahasiswa di Perguruan Tinggi, sampai dengan saat ini masih menjadi salah satu kriteria dalam seleksi pekerjaan. Namun tidak semua mahasiswa memperoleh IPK sesuai dengan batas minimal yang dipersyaratkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bakat-bakat sebagai prediktor IPK pada mahasiswa. Hipotesis penelitian adalah bakat-bakat yang ada dalam Employee Aptitude Survey (EAS) mampu memprediksi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Partisipan penelitian adalah 380 mahasiswa yang dipilih dengan insidental sampling. Alat ukur yang digunakan untuk adalah EAS, dengan reliabilitas tiap subtes yang memadai serta memenuhi indeks validitas berdasar analisis faktor konfirmatori. Data IPK diperoleh dari self report questionaire. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistik Kendall’s Tau. Secara umum, aspek kecepatan dan ketelitian visual menjadi satu-satunya aspek dalam EAS yang tidak mampu berperan sebagai prediktor IPK. Terdapat perbedaan profil bakat pada mahasiswa eksakta dan non eksakta. Berdasarkan hasil penelitian, sembilan subtes dalam EAS yang mampu memprediksikan IPK secara signifikan dapat digunakan sebagai alat seleksi mahasiswa baru.

Kata kunci: Employee Aptitude Survey (EAS); IPK; mahasiswa          

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achdiyat & Utomo. (2017). Kecerdasan visual-spasial, kemampuan numerik dan prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif 7(3), 234-245. ISSN: 2088-351X

Alawiyah, G. (2019). 87% Mahasiswa mengaku salah pilih jurusan. https://republika.co.id/berita/pmjuhw368/87-persen-mahasiswa-mengaku-salah-pilih-jurusan. Retrieved April 12, 2020.

Alnahdi, G. H. (2015). Aptitude tests and successful college students: The predictive validity of the general aptitude test (GAT) in Saudi Arabia. International Education Studies, 8(4), 1–6. https://doi.org/10.5539/ies.v8n4p1

Anonim. (1995). Employee aptitude test technical manual. California: Psychological Service.

Anonim. (2015). Manual Employee Aptitude Survey. Bandung: Universitas Kristen Maranata.

Aslamawati, Y., Enoch, E., & Halimi, A. (2016). Hubungan college engagement dengan prestasi akademik mahasiswa muslim di Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.15575/psy.v2i1.444

Bagus, R. (2018). Tingginya syarat nilai ipk untuk daftar CPNS dianggap terlalu tinggi - Surya. https://surabaya.tribunnews.com/2018/09/27/tingginya-syarat-nilai-ipk-untuk-daftar-cpns-dianggap-terlalu-tinggi. Retrieved January 28, 2019.

Barmola, KC. (2013). Aptitide and academic performance of adolescents. International Journal of Research in Social Science, 3(4). ISSN:2249-2496

Coyle, T. R. (2015). Relations among general intelligence (g), aptitude tests, and GPA: Linear effects dominate. Intelligence, 53, 16–22. https://doi.org/10.1016/j.intell.2015.08.005

Dalyono, M. (2015). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Makmun, N. (2017). 87% Mahasiswa indonesia salah jurusan.https://www.beritasatu.com/nasional/448668-87-mahasiswa-indonesia-salah-jurusan.html. Retrieved January 25, 2019.

McCausland, D. F., & Stewart, N. E. (1974). Academic aptitude, study skills, and attitudes and college gpa. Journal of Educational Research, 67(8), 354–357. https://doi.org/10.1080/00220671.1974.10884654

Mirza. (2018). Indeks prestasi jadi standar khusus verifikasi berkas CPNS. Retrieved January 28, 2019, from https://www.pontianakpost.co.id/indek-prestasi-jadi-standar-khusus-verifikasi-berkas-cpns

Pratama, R.O., Kartika, L., & Sayekti, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Prestasi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan . 32 (2). DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.322.8

Ridarineni, N. (2018). Rekrutmen CPNS di DIY Persyaratkan Indeks Prestasi Komulatif.https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/09/25/pfm2pk399-rekrutmen-cpns-di-diy-persyaratkan-indeks-prestasi-kumulatif. Retrieved January 28, 2019.

Riyani, Y. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa jurusan akuntansi politeknik negeri pontianak). Jurnal EKSOS, 8(1), 19–25.

Ruch, F.L., & Ruch, W.W. (1963). Employee aptitude survey (Technical Report). Los Angeles: Psychological Services.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sufirmansyah. (2015). Pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar mahasiswa pascasarjana prodi pai stain kediri dengan motivasi sebagai variabel intervening. Didaktika Religia, 3(2), 133–156.

Syiem, I.S. &Synrem, E.S. (2018). Relationship between scientific aptitude and achievement in science subject of class IX students in ri bhoi district of meghalaya. International Journal of Research and Analytical Reviews, 5(3). ISSN 2348 –1269

Theresa, L.D. (2015). Factors that inform student’s choice of study and career. Journal of Education and Practice, 6 (27). ISSN 2222-288X

Thompson, R. A., & Zamboanga, B. L. (2004). Academic aptitude and prior knowledge as predictors of student achievement in introduction to psychology. Journal of Educational Psychology, 96(4), 778–784. https://doi.org/10.1037/0022-0663.96.4.778

Widiana, H. S. (2008). Employee aptitude survey (EAS) sebagai alternatif tes bakat dalam konseling karir. Phronesis Jurnal Ilmiah Psikologi Industri Dan Organisasi, 10(2), 138–153.

Published
2020-06-29
Section
Articles