Persepsi terhadap Kepemimpinan Kiai, Konformitas dan Kepatuhan Santri terhadap Peraturan Pesantren

  • St Ma'rufah Alumni Magister Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Andik Matulessy Dosen Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • IGGA Noviekayati Dosen Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Abstract. The research was conducted to find out the relationship between the
perception of Kiai’s leadership and the conformity with the student’s obedience to the Islamic boarding school’s rule. The subject of the research was 115 of the Islamic boarding school’s students at Raudlatul Ulum Arrahmaniyah. The instrument used the obedience scale, perception of Kiai’s leadership scale and conformity scale. analyzing result shows that F value 22,879 and p = 000 (p<0,01), While the result of analyzing determination test shows that the perception to the Kiai’s leadership and conformity give an effective contribution to the student’s obedience to the rule of Islamic boarding school by 23,9 %.

Keyword: The obedience, the perception to Kiai’s leadership, Conformity

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi. Abu. (1998). Psikologi social. Jakarta: Rineka cipta.

Ajeng Wulan Sari, Anita Zulkaida. Hubungan antara konformitas kelompok dengan moti-vasi Berprestasi pada remaja akhir. Jurnal Fakultas Psikologi Gunadarma Jakarta.

Ali M. (1999). Kamus Lengkap Bahasa Indone-sia Modern. Jakarta: Pustaka Amani.

Ali M dan Asrori M. (2004). Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Anshori, H. (1996). Kamus Psikologi. Sura-baya: Usaha Nasional.

Imron, A. (1993). Kepemimpinan Kiai, Kasus Pondok pesantren Tebuireng. Malang: Kali-masada Press.

Atkinson, Rita. (1997). Pengantar Psikologi. Jakarta: Interaksa.

Atkinson. (2003). Pengantar Psikologi. (Nur-djannah Taufik, penterjemah). Jakarta: Erlangga.

Azwar, S. (2012). Metode Penelitian. Yogya-karta: Pustaka Pelajar.

Baron, RA. Dan Byrne, D. (2003). Psikologi Sosial Jilid 2 (Edisi Kesepuluh). Jakarta: Erlangga.

Cahyono, CH. (1984). Psikologi Kepemim-pinan. Surabaya: Usaha Nasional.

Dhofie, Z. (1984). Tradisi pesantren study ten-tang pandangan hidup kiai. Jakarta: LP3ES.

Faesol, A. (2012). Kyai, Otoritas Keilmuan dan Perkembangan Tradisi Keilmuan Pesantren. Jurnal Volume 15 Nomor 1.

Franzoi, S.L. (2003). Sosial Psychology (Third Edition). Toroto: McGraw Hill.

Fuhrmann, B.S. (1990). Adolescence Adolecent. Illinois: A Division of Scott Foresman and Company.

Hadi, S. (2000). Seri Program Statistik Manual. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Hadir, Elsaha, MI. (2004). Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Sekolah Diniyah. Jakarta: Diva Pustaka.

Hurlock, E. (2003). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehi-dupan. Jakarta: Erlangga.

Ismail. Faisol. (1993). NU Gusdurian dan Poli-tik Kiai. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Katono, K. (1990). Pemimpin dan Kepemim-pinan. Jakarta: Rajawali Press.

Krisnatuti, Diah dkk. (2011). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan kepatuhan dan kemandirian santri remaja. Jurnal. Ilm. Kel. Dan Konseling. Vol.4 ISSN: 1907-6037.

Kusumadewi, Septi, Hardjajani, Tuti dan Priya-tama, Aditiya Nada.

(2012). Hubungan antara dukungan ssosial peer group dan control diri dengan kepatuhan terhadap peraturan pada remaja putrid di pondok pesantren Modern Assalaam Sukoharjo.

Majid. Nurchalis. (1992). Bilik-bilik pesantren sebuah perjalanan. Jakarta: Paramadina.

Mohyi. M. (1999). Teori dan Tingkah Laku Organisasi. Malang: UMM Press.

Muhid, A. (2012). Analisis Statistik. 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS for Windows. Surabaya: Zifataman Publishing.

Myers, D.G. (2005). Social Psychologi. (8th edition). New York: McGraw Hill Feldmen.

Nadj. Eshobirin. (1985). Perspektif Kepemim-pinan dan Manajemen Pesantren.

Najati, U. (2001). Jiwa Manusia dalam Al-Qur'an. Jakarta: CV Cendekia Muslim.

Nawawi & Martin. (1995). Instrumen Peneli-tian Bidang Sosial. Yogyakarta: UGM Press.

---- (2004). Kepemimpinan yang Efektif. Yogya-karta: Gajah Mada University Press.

Normasari, Sarbini dan Adawiyah, Robiatul. (2013). Kepatuhan siswa kelas X dalam melaksanakan peraturan sekolah di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Jurnal PPKn Vol. 3.

Nuqul, F.L. (2006). Perbedaan Intensitas Kepa-tuhan terhadap Aturan ditinjau dati tipe kepribadian introvert-ekstrovert, jenis kela-min dan tahun angkatan. Laporan Penelitian.

Pudjijogyanti, C.R. (1985). Konsep Diri dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penelitian UNIKA Atmajaya.

Qamar. (2004). Tradisi Pesantren dan Trans-formasi Metodologi menuju Demokrasi Inti-tusi. Jakarta: Erlangga.

Rakhmat, J. (2004). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosada karya.

Rivai, R. (2003). Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Press.

Santrock, J.W. (1995). Life-span development-perkembangan masa hidup (5th edition). Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Sarbini. (2012). Pengembangan Model Pembi-naan Kepatuhan Peserta Didik terhadap Norma Ketertiban Sebagai Upaya Menyiap-kan Warga Negara Demokrtis di Sekolah. Disertasi, tidak diterbitkan, Universitas Pen-didikan Indonesia.

Sarwono, S dan Meinarno, Eka. (2009). Psiko-logi Sosial. Jakarta: Salemba.

Sears, DO. (1985). Psikologi Sosial. (Michael Adryanto, penterjemah). Jakarta: Erlangga.

Shaw, M.E. (1979). Group Dynamic: The Psy-chology of small Group Behaviour. New Delhi: Mc Grow Hill Publishing Company.

Shelley E. Taylor. (2006). Psikologi Sosial. (Triwibowo, penterjemah). Jakarta: Erla-ngga.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum dalam Lintas Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Sukanto. (1999). Kepemimpinan Kiai dalam Pesantren. Jakarta: P3M.

Sukmawati, Siswati, Achmad Mujab Masykur. Konsep diri dengan konformitas terhadap kelompok Teman sebaya pada aktivitas clubbing (sebuah studi korelasi pada siswa kelas xi sma negeri 1 purwokerto Yang melakukan clubbing). Jurnal UNDIP.

Suprayogo, I. (2007). Kyai dan Politik; Mem-baca Citra Politik Kiai. Malang: UIN-Malang Press.

Suryanto, Putra, M.G.B.A, Herdiana.I, Alfian. I.N. (2012). Pengantar Psikologi Sosial. Surabaya: UAP.

Suwari. (2007). Kepemimpinan Kiai dalam Memotivasi Sumber Daya Manusia di Pesan-tren Salaf dan Khalaf. Tesis, tidak diter-bitkan, UIN Malang.

Taylor, SE. Peplau, LA. & Sears DO. (2009). Psikologi Sosial. (Triwibowo, penterjemah). Jakarta: Prenada Media Group.

Thoha, M. (2004). Prilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raya Srafin-do Pustaka.

Umam. (2003). Pola kepemimpinan kiai dalam penelolaan pesantren mahasiswa (studi kasus di pondok pesantren salafiyah syafi’iyah Nurul Huda Mergosono Malang. Tesis, tidak diterbitkan, UIN Malang.

Wahid, A. (1978). Bungan Rampai Pesantren. Jakarta: Darma Bakti.

Wahjosumidjo. (1984). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Rajawali Press.

Walgito, B. (2007). Psikologi Kelompok. Yog-yakarta: ANDI.

Wilcox, L. (2006). Personality Psycho-therapy, Perbandingan dan Praktek Bimbingan dan Konseling Psikoterapi Kepribadian Barat dan Sufi. Jogjakarta: Ircisod.

Yulk, G. (1994). Kepemimpinan dalam Organi-sasi. Jakarta: Prenhallindo.

Ziermek, M. (1986). Pesantren Dalam Peru-bahan Sosial. Jakarta: LP3ES.

Published
2014-12-21
Section
Articles