Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar

  • Moh.Hadi Mahmudi SMPN 1 Larangan Kabupaten Pamekasan
  • Suroso Suroso Dosen Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Abstract, This study aimed to test whether there is a relationship  of self-efficacy and social support with students adjustment in  learning. Subjects were 123 students of class VII students consisting of 62 men and 61 women taken at random in SMP Negeri 1 Larangan kabupaten Pamekasan. The results of multiple regression analysis obtained for R = 0.759 ; F = 81.600 , p = 0.000 ( p < 0.01 ) . The results of the analysis of this data show self-efficacy and social support of parents jointly associated with the adjustment of students in learning , at 56.9 % . Results of correlation analysis of self-efficacy with self-adjustment of students in the learning acquired partial r = 0.430 ; t = 5.222 and p = 0.000 ( p < 0.01 ) . These data show there is a positive correlation between self-efficacy with self-adjustment of students in learning , with effective contribution of 24.22% . The results of correlation analysis of parent social support with students adjustment in learning obtained partial r = 0.580 ; t = 7.799 and p = 0.000 ( p < 0.01 ) . These data show there is a positive correlation between social support of parents with students adjustment in learning, the effective contribution of 32.68%.

Keyword : Adjustment, self efficacy, social support of parents.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alex Sobur. (2003). Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Edisi Revisi. Malang: UMM Press

Azwar. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Edisi II Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dagun. (2022). Psikologi Keluarga. Bandung: Rinekacipta

Davidoff. (1991). Psikologi Suatu Pengantar Jilid 2. Alih bahasa: Mari Juniati. Jakarta: Erlangga

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosda Karya

Dewi. (2012). Efikasi Diri, Penyesuaian Diri dan Kecemasan Berbicara didepan Umum. Program Studi Mpsi, UNTAG Surabaya. H: 27-49.

Fahmi. (1992). Penyesuaian Diri. Jakarta: Bulan Bintang

Fatimah. (2010). Psikologi Perkembangan. Cetakan ke III. Bandung: Pustaka Setia

Fauzi. (2004). Psikologi Umum. Cetakan ke III (Edisi Revisi). Bandung: Pustaka Setia

Ghufron dan Risnawati. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hadi. (1984). Metodologi Research 1. Yogya-karta: YPFP UGM http://artidukungansosial. blogspot.com/2011/02/teori-dukungan-sosial.html, diakses 09092013. http:// jalurilmu.blogspot.com/2011/10/dukungan-sosial.html, diakses 09092013. http:// repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17670/4/Chapter%20II.pdf diakses 20102013. http:// risalatuna.blogspot.com/2013/01/efikasi-diri-self-efficacy.html, diakses 09092013. http:// www.kajianpustaka.com/2013/01/teori-penyesuaian-diri.html#ixzz2eM58jTK7, diakses 09092013

Hurlock. (1980). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehi-dupan. Jakarta: Penerbit Erlangga

Irianah. (2012). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua dan Self Efficaccy Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Program Studi Mpsi, UNTAG Surabaya. h: 22-39.

Kartini Kartono. (2002). Psikologi Perkem-bangan. Jakarta : Rineka Cipta

Kertamuda dan Herdiansyah. (2009). Pengaruh Strategi Coping Terhadap Penyesuaian diri Mahasiswa Baru. Jurnal Universitas Para-madina. No.1. Vol.6. 16-17.

Lazarus. (1996). Pola-Pola Penyesuaian Diri. Jakarta: Erlangga

Maslihah. (2011). Studi tentang Hubungan du-kungan sosial, Penyesuaian sosial diling-kungan Sosial dan Prestasi Akademik siswa SMPIT ASSYFA BOARDING SCHOOL Subang Jawa Barat: Jurnal Psikologi Undip. Vol. 10. No. 2. H. 106-108.

Mu’tadin. (2002). Penyesuaian Diri Remaja. Jakarta: Erlangga

Mu’tadin. (2004). Penyesuaian Diri Remaja. www.epsikologi.com, diakses 13-11-2013

Mulyati. (2005). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Penerbit Andi

Mulyatiningsih dkk. (2004). Bimbingan Pribadi-Sosial, Belajar, dan Karir. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Ningrum. (2013). Perceraian Orang Tua Dan Penyesuaian Diri Remaja. eJurnal Psikologi. Vol. 1. No. 1. 69-79.

Prihatiningsih dkk. (2006). Penyesuaian Diri Pada Pria Yang Mengalami Perceraian. Jurnal Penelitian Psikologi Fakultas Psiko-logi Universitas Gunadarma. Jakarta. Vol. 11. N0. 2.

Qomariyah dan Prihatini. (2006). Penyesuaian Diri Wanita Yang bekerja Sebagai Pemecah Batu Di Tepi Sungai Ciapus Bogor. Jurnal Penelitian Psikologi Fakultas Psikologi Uni-versitas Gunadarma. Jakarta. Vol. 11. N0. 2.

Raharjo. (2008). Jenis dan Sumber Dukungan Sosial Pada Mahasiswa. Anima, Indonesian Psychological Journal. Vol.23, No.3, 277-286.

Rahma. (2011). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. JPI. Jilid 2. Vol.8. 234-240.

Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyu-sun Proposal Penelitian. Cetakan ke II. Bandung: Alfabeta

Safura dan Supriyantini. (2006). Hubungan Antara Penyesuaian Diri di Sekolah Dengan Prestasi Belajar. Psicologia. Vol. 2. N0. 1. 25-30.

Sarwono. (2004). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sedarmayanti. (2011). Metode Penelitian. Bandung: CV. Manar Maju

Soejanto. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: Rinekacipta

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuanti-tatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuanti-tatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sujanto. (1996). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta

Sujono. (2012). Hubungan Konsep Diri dan Percaya Diri dengan Kemampuan Mengam-bil Keputusan Studi Lanjut. Program Studi Mpsi, UNTAG Surabaya. H: 17-67.

Suryabrata, S. (1998). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yobyakarta: Penerbit Andi

Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Cetakan ke-22. Jakarta: Raja Grafindo Per-sada

Susanti. (2008). Hubungan antara Kepercayaan diri dengan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas VIII SMP Santa Maria Fatima. Jurnal Psiko-Edukasi. Vol.6. 22-27.

Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Syarifa, Dewi, dan Wiwik. (2011). Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Komitmen Terhadap Tugas (Task Commit-ment) pada Siswa Akselerasi Tingkat SMA. Surabaya: Insan Media Psikologi. Vol.13, No.1, 1-11

Tarmidi dan Riza. (2010). Korelasi antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Slef-Directed Learning pada siswa SMA. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Vol.37, No.2, 216-223

Wijaya dan Pratitis. (2012). Efikasi Diri Akade-mik dan Dukungan Sosial Orang Tua Terha-dap Penyesuaian Diri Mahasiswa Perku-liahan. Persona. No.1. Vol.1. 41-46.

Willis, SS. (1994). Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta

Published
2014-12-21
Section
Articles