Pengaruh Experiential Learning Terhadap Kepercayaan Diri Dan Kerjasama Tim Remaja

  • Diva Widyaningtyas Program Magister Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • M Farid Universitas Darul Ulum Jombang

Abstract

Intisari. Penelitian ini akan mengkaji pengaruh Experiential learning terhadap kepercayaan diri dan kerjasama tim remaja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada siswa VII MTs. Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang dengan jumlah subyek 60 orang siswa. Pengumpulan data untuk mengungkap kepercayaan diri menggunakan skala kepercayaan diri dan kerjasama tim ukur dengan skala kerjasama tim, sedangkan Experiential learning diberikan sebagai treatmen pada kelompok eksperimen. Analisis data untuk variabel kepercayaan diri dilakukan dengan analisis Mann-Whitney karena data variabel ini tidak homogen dan analisis untuk variabel kerjasama tim dilakukan dengan uji-t student. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kepercayaan diri antara kelompok eksperimen yang mendapat treatment Experiential learning dengan kelompok kontrol yang tidak mendapat treatment pretest-post test  (z = -2,537 ; p =0,011). Pada kerjasama tim ada perbedaan kerjasama tim antara kelompok eksperimen yang mendapat treatment Experiential learning dengan kelompok kontrol yang tidak mendapat treatment pretest-post test (t = 3,009 ; p. = 0,002). Hasil tersebut menunjukkan bahwa Experiential learning berpengaruh terhadap kepercayaan diri dan kerjasama tim  remaja.

Kata kunci: Experiential learning, Kerpercayaan diri, dan Kerjsama Tim

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-09-14
Section
Articles